Nelayan Aceh Diminta Waspadai Awan Hitam dan Angin Kencang

Nurul Fajri    •    Selasa, 22 Nov 2016 17:02 WIB
cuaca buruk
Nelayan Aceh Diminta Waspadai Awan Hitam dan Angin Kencang
Ilustrasi. Foto: Antara/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Cuaca buruk masih melanda kawasan perairan Aceh. Selain tingginya gelombang yang mencapai dua meter, para nelayan juga diminta waspada terhadap awan hitam.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Zakaria, meminta nelayan agar berhati-hati saat melaut. Dia mengingatkan nelayan agar tidak berlayar jika terlihat awan hitam dan angin kencang di tengah laut.

"Memang hal itu tidak terjadi sepanjang hari. Namun, kita ingatkan para nelayan bisa melihat peluang. Jika terjadi angin kencang dan awan hitam, sebaiknya langsung pulang," kata Zakaria kepada Metrotvnews.com, Selasa (22/11/2016).

BMKG mencatat tinggi gelombang sepanjang pantai Barat Selatan Aceh berkisar 0,5-2 meter. Namun, tinggi gelombang bisa naik mencapai 3 meter jika disertai awan gelap dan angin kencang. Sementara untuk wilayah timur dan utara Aceh, ketinggian gelombang tercatat hingga 2,5 meter. Sementara di perairan Sabang, BMKG mencatat gelombang setinggi 2 meter.

Zakaria mengatakan saat ini Aceh tengah mengalami puncak musim hujan. Hampir seluruh wilayah berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor. Daerah Aliran Sungai (DAS) seperti kabupaten Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Pidie Jaya berpotensi banjir.

Sementara tanah longsor kerap terjadi di kawasan pegunungan dengan kemiringan 45 derajat seperti kawasan Gunung Paro, Gunung Kulu, lintas Geumpang-Nagan Raya, lintasan Bireuen-Takengon, serta Kabupaten Gayo Lues.


(UWA)