Ada Buaya 2 Meter Berjemur di Sungai Deli

Farida Noris    •    Kamis, 07 Jun 2018 19:45 WIB
hewan buas
Ada Buaya 2 Meter Berjemur di Sungai Deli
penampakan buaya dsi Sungai Deli. Istimewa

Medan: Pemandangan tak biasa, tiga ekor buaya mulai menampakkan diri di Sungai Deli, Medan, Sumatera Utara. Bahkan penampakan buaya ini membuat warga bantaran Sungai Deli yang biasa mandi dan mencuci ketakutan.

Salah seorang warga di Jalan Bahagia, Gang Usaha II, Sukaraja, Medan Maimun, Wage, 45, mengaku melihat tiga ekor buaya berukuran sekitar 2 meter tengah berjemur di pinggir sungai pada Rabu, 6 Juni 2018 siang lalu.

"Semalam kami warga di sini heboh karena melihat ada buaya. Kemudian kami coba menangkap tapi buayanya lari masuk ke sungai," kata Wage, Kamis, 7 Juni 2018.

Wage mengungkapkan, selain mencoba menangkapnya, warga juga berusaha menembak buaya tersebut dengan senapan angin.

"Karena takut, ada warga yang menembaknya dengan senapan angin dan kena tubuhnya. Tapi, masuk ke air dan dicari tidak ada lagi," ungkapnya.

Hal yang sama juga dikatakan warga lainnya Ferry, 30. Awalnya dia mengira melihat biawak, tapi setelah dilihat lebih dekat, ternyata buaya. Karena penampakan buaya tersebut membuat warga menjadi cemas dan takut untuk ke sungai.

"Awalnya kami kira biawak. Tapi saat diperhatikan ternyata buaya," jelasnya.

Menurut Ferry, selama bertahun-tahun tinggal tak jauh dari bantaran Sungai Deli, ia dan warga lainnya tak pernah melihat keberadaan buaya di Sungai Deli. Penemuan buaya tersebut baru pertama kalinya terjadi di bantaran Sungai Deli. 

"Kami harap agar pihak berwenang dapat menangkapnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Sudah puluhan tahun saya tinggal di sini. Baru ini ada buaya," tandasnya.

Sementara itu, mendapat informasi adanya penemuan buaya di tepian sungai Deli, Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumut langsung turun untuk melakukan pengecekan. Namun, ketiga buaya yang terlihat oleh warga tersebut belum dapat ditemukan.

"Kita langsung mengecek terkait dengan penampakan buaya di Sungai Deli Gang Usaha II Lingkungan IV Kelurahan Sukaraja Kecamatan Medan Maimun," kata Humas BKSDA Sumut, Handoko Hidayat.



(ALB)