Seluruh Pengungsi Rohingya di Aceh akan Diungsikan ke Medan

Amiruddin Abdullah Reubee    •    Rabu, 23 Nov 2016 16:17 WIB
rohingya
Seluruh Pengungsi Rohingya di Aceh akan Diungsikan ke Medan
Pengungsi Rohingya di Aceh. Foto: Antara/Rahmad

Metrotvnews.com, Langsa: Sebanyak 19 pengungsi etnis Rohingya diberangkatkan ke Medan, Sumatera Utara, Selasa 22 November 2016. Selama ini mereka ditempatkan di kamp penampungan Kampung Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh.

Kaum pengungsi yang terdampar di Aceh tersebut  mendapat suaka atau tempat berlindung dari Amerika Serikat. Di Medan, 19 pengungsi itu bergabung dengan teman lainnya yang sudah tiba sebelumnya. Kemudian, mereka akan diberangkatkan bersama ke Amerika.

Selain 19 orang yang di berangkatkan tahap ini, ada 39 lagi yang masih di kamp penaungan Langsa, termasuk 1 orang asal Bangladesh.

Kasi Lintaskim Kantor Imigrasi Kelas II Langsa, Fauzi Yusuf, mengatakan, sebanyak 39 pengungsi itu juga akan dibawa ke Medan pada Jumat 25 November. 

"Di Medan, semua yang mendapat suaka dan telah diakui sebagai pengungsi karena konflik di negara asal, akan menjalani beberapa persiapan atau administrasi. Setelah berbagai keperluan rampung, baru semuanya di berangkatkan ke Amerika," kata Fauzi, Rabu (23/11/2016).




(UWA)