Parade Kapal Hias Sail Karimata di Kepri Ditargetkan Cetak Muri

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 27 Oct 2016 16:47 WIB
maritim dan kelautan
Parade Kapal Hias Sail Karimata di Kepri Ditargetkan Cetak Muri
?Dua penerjun payung memeriahkan acara pembukaan Sail Karimata 2016 di Pantai Teluk Datok, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar, 15 Oktober, Ant - Jessica Helena Wuysang

Metrotvnews.com, Batam: Parade 87 kapal hias akan meramaikan acara Puncak Sail Selat Karimata di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Kegiatan itu akan mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri).

Even berskala internasional itu tak hanya menarik minat wisatawan dan peserta lokal. Acara itu juga menarik minat wisatawan serta peserta luar negeri. 

Buktinya, 35 kapal layar atau yacht dari luar negeri. Kapal-kapal tersebut sudah bersandar di Perairan Tanjungpinang.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti mengatakan, Festival Bahari Kepri yang diselenggarakan bertepatan dengan Sail Selat Karimata. Kegiatan itu bertujuan mengangkat potensi yang dimiliki Provinsi Kepri. 

"Berbagai festival sedang berlangsung menjelang puncak Sail Selat Karimata. Di antaranya, Wonderful Kepri Expo, The Sound From Motherland of Malay, Kepri Carnival, Wonderful Food Kepri, dan Kepri Traditional and Modern Games," kata Guntur kepada Metrotvnews.com, Kamis (27/10/2016). 

Acara puncak berlangsung pada 29 Oktober. Kepri mempersembahkan parade kapal hias yang diikuti 87 kapal dari berbagai daerah di Kepri. Kegiatan ini akan mencetak rekor Muri sebagai parade dengan kapal hias terbanyak yang pernah dilakukan di Tanah Air. 

"Parade ini kita harapkan mampu menarik kunjungan wisatawan asing datang ke Tanjungpinang. Kami telah mengundang sekira 3.000 peserta untuk mengikuti berbagai festival dan parade, termasuk tamu undangan yang akan hadir di acara puncak Sail Selat Karimata," ujarnya. 

Ditambahkan Guntur, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dipastikan hadir dalam acara puncak Sail Selat Karimata dan menyaksikan langsung Parade Kapal Hias di perairan Tanjungpinang. "Satu event lainnya yang kami selenggarakan adalah Forum Meeting Wisata Bahari. Forum ini, akan dihadiri 25 duta besar negara-negara sahabat," pungkasnya. 


(RRN)