Waspadai Ombak Tinggi & Puting Beliung di Kepri

Anwar Sadat Guna    •    Rabu, 26 Oct 2016 18:22 WIB
cuaca buruk
Waspadai Ombak Tinggi & Puting Beliung di Kepri
Ilustrasi. Foto: Antara/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Batam: Masyarakat di Kepulauan Riau (Kepri) diminta waspada seiring meningkatnya intensitas hujan, terutama tumbuhnya awan cumulonimbus. 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, Philip Mustamu, mengatakan sebagian besar wilayah Indonesia saat ini memasuki musim penghujan. 

Sama seperti daerah lain, wilayah Indonesia di bagian utara Khatulistiwa, termasuk Kepri, juga diguyur hujan deras. 

"Curah hujan di beberapa wilayah di Kepri meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya. Ini disebabkan pertumbuhan awan cumulonimbus yang cukup signifikan di musim pascapancaroba," ungkap Philip kepada Metrotvnews.com, Rabu (26/10/2016). 

Meskipun durasinya singkat, kata Philip, intensitas hujan akan berulang di periode berikutnya antara di atas 16 jam hingga 24 jam. Tempatnya pun, kata dia, berpindah-pindah dan tak terfokus di satu lokasi. 

"Wilayah dengan curah hujan yang tinggi biasanya disertai angin kencang atau puting beliung maupun petir," ujarnya. Masyarakat Kepri diimbau tetap mengantisipasi banjir atau puting beliung mengingat intensitas hujan sepekan ke depan masih tinggi. 

Adapun tinggi gelombang di perairan Kepri, jelas Philip, berada di angka 0,6 meter hingga 1,2 meter. Nelayan atau perusahaan pelayaran diimbau mewaspadai tinggi gelombang di perairan Natuna dan Anambas. "Tinggi ombak di Natuna dan Anambas bisa mencapai 1,2 meter lebih," ujarnya. 

Sejauh ini, tambah Philip, aktivitas pelayaran kapal maupun penerbangan di bandara berjalan lancar. Aktivitas masyarakat pun berlangsung normal seperti biasa. Sementara itu, hujan lebat yang mengguyur Batam beberapa hari ini membuat beberapa ruas jalan tergenang banjir. 

Kawasan dan ruas jalan yang kini menjadi langganan banjir di antaranya; Marina, Tanjungpiayu, ruas jalan di Jodoh (simpang Pacific), dan beberapa ruas jalan lainnya. 

Philip menambahkan, untuk temperatur udara di Kepri antara 24 derajat celcius-32 derajat celcius, kelembaban udara 63-95 persen. Adapun kecepatan angin mencapai 32-40 kilometer per jam.


(UWA)