Puluhan Makam di TMP Medan Rusak Tertimpa Pohon

Farida Noris    •    Rabu, 14 Sep 2016 16:10 WIB
pohon tumbang
Puluhan Makam di TMP Medan Rusak Tertimpa Pohon
Puluhan makam di Taman Makam Pahlawan, Jalan Senam, Medan, Sumatera Utara, rusak tertimpa pohon (Foto: MTVn/Farida Noris Ritonga)

Metrotvnews.com, Medan: Hujan deras dan angin kencang yang melanda Kota Medan, Sumatera Utara, menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Akibatnya, puluhan makam di Taman Makam Pahlawan di Jalan Senam, Medan, rusak.

Pantauan Metrotvnews.com, pohon tua berukuran besar itu menimpa tembok TMP. Sedikitnya 30 makam rusak tertimpa pohon. Sejumlah pohon juga tumbang di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Halat, Kota Medan.

"Tadi malam hujan lebat dan angin kencang. Seperti di Jalan Senam ini lah pohon jati tumbang menimpa pembatas makam," kata Komandan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan M Yunus, Rabu (14/9/2016).

Petugas Dinas Pertamanan dan Pemakaman tengah mengevakuasi pohon tumbang khususnya di TMP Jalan Senam. Petugas memotong pohon tumbang menjadi beberapa bagian lalu dievakuasi.

"Petugas tengah menebang pohon yang tumbang. Petugas melakukan pemotongan batang dan dahan pohon-pohon yang tumbang. Sekitar 30 makam juga rusak tertimpa," ujar dia.

Dia menambahkan seorang pengguna jalan juga sempat tertimpa pohon tumbang di Jalan Sisingamangaraja, Medan. Zainal Abidin mengalami luka-luka dan sakit di bagian dada.

"Korban mengalami sesak napas akibat tertimpa pohon. Korban sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat," imbuh dia.

Sementara, penjaga TMP Medan Dadang mengatakan, hujan deras dan angin kencang itu terjadi pada Selasa malam 13 September. Seketika pohon yang lapuk dimakan usia tumbang menimpa makam.

"Di kawasan kuburan saja ada tujuh pohon yang tumbang. Di luar area makam tiga pohon yang menimpa tembok pembatas. Hampir 60 meter persegi tombok yang roboh akibat ditimpa pohon jati tersebut," kata Dadang.

Hingga berita ini disusun, petugas Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Medan masih mengevakuasi pohon jati yang tumbang. 

Hujan deras dan angin kencang melanda Kota Medan dalam sepekan terakhir. Akibatnya, banjir, puting beliung, dan pohon tumbang merusak puluhan rumah dan sejumlah fasilitas lainnya.


(TTD)