Dari 220 Rumah Sakit di Sumut, Baru 20 yang Terakreditasi

Farida Noris    •    Selasa, 11 Oct 2016 15:56 WIB
fasilitas kesehatan
Dari 220 Rumah Sakit di Sumut, Baru 20 yang Terakreditasi
Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Dinkes Sumut), Agustama, saat memberikan keterangan terkait akreditasi. Foto: Metrotvnews.com/Farida Noris

Metrotvnews.com, Medan: Sosialisasi yang tidak maksimal menyebabkan masih banyak rumah sakit di Sumatera Utara yang belum mengantongi akreditasi versi 2012. Tercatat, dari 220 rumah sakit, baru 20 rumah sakit yang sudah terakreditasi. 

"Kita jauh tertinggal dengan pulau Jawa. Ini sangat-sangat memalukan. Kalau dari dulu dikerjakan, pasti tidak seperti ini," kata Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Dinkes Sumut), Agustama, Selasa (11/10/2016).

Agustama mengaku akan memanggil instansi terkait termasuk Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Sumut untuk membahas akreditasi ini. Sebab, selama ini sosialisasi dari Badan Pengawas Rumah Sakit Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota juga minim.

"Salah satu penyebab rumah sakit tidak terakreditasi karena ketidaktahuan manfaat akreditasi ini. Makanya, akan kita panggil apa saja kerja mereka selama tiga tahun ini," terangnya.

Menurut Agustama, salah satu kendala rumah sakit sulit mendapatkan akreditasi adalah sarana dan prasarana. Namun, terkait kepintaran dalam bidang ilmu, Sumut tidak kalah dengan provinsi lain.

"Ada beberapa rumah sakit sedang proses akreditasi, termasuk ada enam rumah sakit milik pemerintah. Harapannya semua rumah harus terakreditasi,” ujarnya yang tidak menyebutkan enam rumah sakit milik pemerintah tersebut.

Sementara itu, Ketua Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sumut, Azwan Hakmi Lubis, berharap pemerintah daerah ikut serta dalam mendorong rumah sakit di wilayahnya untuk mengurus akreditasi. Karena, mulai 2017, seluruh rumah sakit yang melayani pasien BPJS Kesehatan harus terakreditasi.

"Akreditasi sangat penting, jika tidak BPJS Kesehatan akan memutus kerja sama dengan rumah sakit tersebut. Tujuan dari akreditasi sangat bagus guna meningkatkan mutu pelayanan. Kalau sudah terakreditasi tentu pelayanan tidak perlu diragukan lagi. Masyarakat juga akan semakin rajin berobat,” bebernya. 

Sebanyak 20 rumah sakit di Sumut yang sudah terakreditasi adalah RSUP H Adam Malik, Murni Teguh Memorial Hospital, Rumkit Tk II Putri Hijau Medan, RSU Royal Prima, RSIA Stella Maris, RSU Martha Friska Multatuli, RSU Martha Friska, RS Sari Mutiara, RS Metta Medika Sibolga, RS Deli, RS Harapan, RSU Grand Madica, Rumkit Tk IV 01.07.02 Binjai, RSU Methodis Susanna Wesley, RSU Melati, RS Materna, Rumkit Tk IV Pematang Siantar, RS Al Fuadi Binjai, RSU Bidadari, dan RSI Sylvani.


(UWA)