Warga Aceh Utara Diajak Mengembangkan Komoditi Pertanian

Antara    •    Rabu, 04 Oct 2017 10:01 WIB
pertanian
Warga Aceh Utara Diajak Mengembangkan Komoditi Pertanian
Hamparan sawah ditutupi jaring guna menghindari serangan hama burung di area persawahan Desa Kandang, Lhokseumawe, Aceh -- ANT/Rahmad

Metrotvnews.com, Lhokseumawe: Masyarakat diminta lebih aktif memanfaatkan potensi desa demi kesejahteraan yang lebih baik. Apalagi, banyak desa di Aceh Utara yang memiliki potensi besar untuk pengembangan berbagai komoditi pertanian dan perkebunan.

"Saat ini, kebutuhan pangan di Aceh Utara maupun Kota Lhokseumawe lebih banyak dipasok dari Sumatera Utara maupun kabupaten tetangga, seperti Aceh Tengah maupun Bener Meriah. Padahal, jika dibudidayakan oleh masyarakat kita bisa, karena masih memiliki lahan cukup luas," kata Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0103/Aceh Utara Letkol Kav. Fadjar Wahyudi Broto di Lhokseumawe, Aceh, RAbu 4 Oktober 2017.

Fadjar menjelaskan, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-100 yang sedang dilakukan di Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara, akan menyasar kegiatan non-fisik berupa penyuluhan. Masyarakat akan diajak memberdayakan lahan yang masih kosong dengan membudidayakan berbagai produk pertanian yang memiliki nilai ekonomis.

Menurut Fadjar, pihaknya melalui Bintara Desa (Babinsa) juga bakal melakukan pendampingan kepada masyarakat. Sekaligus memberikan pemahaman untuk memanfaatkan lahan-lahan yang masih kosong agar dijadikan lahan produktif.

"Berbagai komoditas bisa dihasilkan masyarakat, terutama yang tinggal di kawasan pedalaman, karena lahannya masih subur. Jika didukung dengan sarana transportasi yang memadai dan masyarakat diberi pendampingan, bukan tidak mungkin kesejahteraan masyarakat akan meningkat," pungkas Fadjar.


(NIN)