Sejumlah Mesin ATM BCA di Riau Belum Berfungsi Optimal

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 29 Aug 2017 15:34 WIB
gangguan atm
Sejumlah Mesin ATM BCA di Riau Belum Berfungsi Optimal
Sejumlah nasabah masuk ke ATM BCA Pekanbaru di Jl Jend Sudirman untuk melakukan transaksi, Selasa, 29 Agustus 2017.

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Jaringan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank Central Asia (BCA) di Pekanbaru, Provinsi Riau, masih dalam perbaikan. Beberapa mesin ATM milik bank tersebut masih offline dampak dari anomali Satelit Telkom-1.

"Masih ada perbaikan di beberapa mesin ATM kami. Umumnya yang berada di luar gedung BCA, seperti di Indomaret dan lokasi lainnya," kata Weni, Staf Operasional BCA Pekanbaru kepada Metrotvnews.com, Selasa, 29 Agustus 2017.

Ia mengatakan, sejak terjadi gangguan pada Satelit Telkom-1, tepatnya 25 Agustus 2017, sejumlah mesin ATM BCA di Pekanbaru tidak bisa berfungsi secara optimal atau offline. Namun kondisi tersebut berangsur membaik dan hampir semua mesin ATM di Pekanbaru sudah bisa beroperasi. 

"Hanya ada di beberapa tempat yang masih gangguan dan sedang dalam perbaikan, termasuk di Kantor Kas Marpoyan dan Sudirman. Tetapi siang ini kemungkinan sudah bagus lagi," ujarnya. 

Selain di Kota Pekanbaru, beberapa mesin ATM BCA di wilayah Duri, Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai, Provinsi Riau, juga mengalami gangguan. Terutama yang berada di luar gedung BCA. 

"Di Kecamatan Duri, Bengkalis, dan di Kota Dumai ada beberapa yang masih gangguan. Tetapi yang berada di Kantor BCA umumnya sudah bisa digunakan," kata Weni. BCA sedang mengupayakan hari ini seluruh jaringan ATM di Riau dapat berfungsi dengan optimal. 

Weni menambahkan bahwa BCA telah mengeluarkan rilis terkait jumlah mesin ATM yang tidak mengalami gangguan dan dapat digunakan oleh para nasabah untuk mendukung kelancaran aktivitasnya. 

"Sedikitnya terdapat 11.500 mesin ATM BCA yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia yang dapat digunakan oleh para nasabah. Jumlah ini mencakup 70% dari jumlah seluruh mesin ATM BCA," jelasnya. 

Selain mesin ATM BCA, beberapa mesin ATM milik Bank Mandiri juga mengalami gangguan. Pantauan Metrotvnews.com, sejumlah mesin ATM Mandiri di Harapan Raya tak dapat digunakan alias offline. 
Seperti ATM Mandiri di SPBU Harapan Raya ujung dan Indomaret di Jl Bukit Barisan.

"Kok nggak bisa digunakan ya. Padahal lagi butuh nih mau narik uang," celutuk seorang nasabah Mandiri sebelum keluar dari ATM Centre di SPBU Harapan Raya. 

Ketika berusaha dikonfirmasi mengenai gangguan di beberapa mesin ATM Mandiri tersebut, Kepala Sekuriti Kantor Bank Mandiri Pekanbaru, Hendro mengaku pejabat berwenang yang bisa memberikan penjelasan mengenai gangguan tersebut  tidak berada di tempat. 

"Pejabat berwenang lagi keluar, sedang tidak berada di tempat. Besok-besok kalau ingin ketemu, mungkin sebaiknya membuat surat terlebih dahulu," kata Hendro.


(ALB)