Kriteria Calon Gubernur Sumut yang Bakal Diusung PDIP

Budi Warsito    •    Sabtu, 09 Sep 2017 19:23 WIB
pilkada serentak
Kriteria Calon Gubernur Sumut yang Bakal Diusung PDIP
Ketua DPP PDIP, Trimedya Panjaitan. Foto: MTVN/Budi Warsito

Metrotvnews.com, Medan: Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Trimedya Panjaitan membeberkan beberapa kriteria calon yang akan diusung partainya pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Sumut).

"Memiliki dedikasi dan loyalitas kepada partai. Selain itu, setiap orang yang ingin diusung juga harus populer dan memiliki rekam jejak yang baik," ujar Trimedya Panjaitan, usai Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Diperluas PDIP Sumatera Utara, Medan, Sabtu 9 September 2017.

PDIP pun tidak mempermasalahkan apakah orang tersebut kader atau bukan. Mereka bakal memerhatikan orang yang mendaftar dan memiliki kualitas tersebut. Tentunya setelah memerhatikan visi misi mereka.

Selain itu, PDIP juga akan melakukan survei elektabilitas calon-calon yang sudah mendaftarkan diri. "Kita juga melihat rekam jejaknya, apakah dia berpotensi tersangkut masalah hukum atau tidak. Untuk itu (potensi tersangkut masalah hukum) mutlak," imbuhnya.

Ia melanjutkan, selain kriteria tersebut, sosok yang diusung haruslah memiliki kemapanan finansial guna mendukung biaya politik yang dibutuhkan selama pencalonan. Trimedya juga menyatakan, calon yang diusung harus mampu membiayai saksi yang akan ditempatkan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pelaksaan pemungutan suara berlangsung.


PDIP dalam prosesnya menggunakan dua saksi per-TPS untuk mengawal suara pasangan yang mereka usung. "Honor para saksi per orangnya antara Rp.150ribu-Rp.200 ribu. Kalau kita itu yang utama. Tapi memang, dalam proses pemilihan itu kita harus siapkan tim pemenangan yang cukup banyak,  baliho, serta kaos yang tentunya membutuhkan biaya. Jadi tinggal di breakdown saja berapa kebutuhannya. Bisa terukur kok," bebernya.
 


(SUR)