Jemaah Haji Riau Ditemani 11 Dokter

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 27 Jul 2017 17:34 WIB
haji 2017
Jemaah Haji Riau Ditemani 11 Dokter
Ilustrasi jemaah haji/MTVN/Pythag K

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Riau memberangkatkan 11 dokter dan 22 perawat untuk mendampingi 5.048 jemaah asal Riau. Jemaah asal Riau dijadwalkan terbang ke Tanah Suci pada 31 Juli 2017.

Kasi Informasi Haji Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Asril, mengatakan, jemaah calon haji Riau tergabung dalam Embarkasi Batam dan dibagi dalam 11 kloter. "Setiap kloter ada satu dokter dan 2 perawat pendamping," kata Asril. 

Tim medis mendampingi jemaah mulai dari pemberangkatan hingga kepulangan. "Kami ingin memastikan bahwa kesehatan para jemaah dalam kondisi baik dan ibadah haji yang mereka jalankan dapat berjalan lancar," ujarnya.

Asril mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan Kanwil Kemenag Riau jelang keberangkatan JCH Provinsi Riau. Di antaranya, dokumen perjalanan berupa paspor dan visa telah diterbitkan Kedubes Arab Saudi di Jakarta.

"Kami juga sudah melatih para petugas, yakni ketua kloter/regu dan ketua rombongan untuk mendampingi para jemaah calon haji, mulai keberangkatan dari kota/kabupaten, tiba di Asrama Haji Batam, hingga sampai di Arab Saudi," ujarnya.

Persiapan lain yang dilakukan, sambung Asril, yakni seluruh JCH asal Riau juga telah divaksin maningitis. Sebagai buktinya, setiap jemaah sudah mempunyai buku bukti suntik vaksin maningitis yang diberikan oleh Kantor Kemenag Kota/Kabupaten di Riau.

"Khusus untuk JCH Provinsi Riau, kloter pertama yakni JCH asal Kota Pekanbaru akan berangkat ke Tanah Suci Makkah pada 1 Agustus 2017, sekira pukul 11.50 WIB," jelasnya. 

JCH kloter pertama yang berjumlah 450 orang tersebut akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam menuju Madinah, Arab Saudi.

Untuk teknis keberangkatan ke Batam, tambah Asril, ada beberapa kota/kabupaten menggunakan armada kapal feri dan pesawat. Penggunaan kapal feri karena ada sejumlah kota/kabupaten memiliki jarak tempuh yang dekat dengan Batam, seperti Kabupaten Meranti, Kota Dumai, dan Kabupaten Inhil.

"Beberapa petugas kita sudah berada di Batam untuk melakukan koordinasi dengan panitia penyelenggara ibadah haji di Asrama Haji Batam" ujarnya. 



(ALB)