Jokowi Hanya Sehari Belajar Manortor

Antara, Farida Noris    •    Sabtu, 25 Nov 2017 15:13 WIB
jokowi mantu
Jokowi Hanya Sehari Belajar Manortor
Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana, Muhammad Bobby Afif Nasution, dan Kahiyang Ayu memperlihatkan kebolehan mereka Manortor -- MTVN/Farida Noris

Medan: Presiden Joko Widodo Manortor saat acara `ngunduh mantu` Kahiyang Ayu-Bobby Aifi Nasution di Medan, Sumatera Utara. Ternyata Jokowi hanya satu hari belajar menari Tortor.

"Belajar satu hari. Sudah tahu karena ini sebuah budaya, sebuah acara adat yang harus kita ikuti," kata Jokowi di hadapan puluhan wartawan, Sabtu, 25 November 2017.

Presiden mengaku belajar tari Tortor dari Youtube. "Latihan sama Youtube," tuturnya.

Selain Manortor, Jokowi juga memberikan nasihat adat dengan menggunakan bahasa Mandailing kepada Kahiyang dan Bobby. Pada proses adat `ajar poda` (nasihat orang tua) tersebut, Jokowi menyampaikan sejumlah petuah bagi Kahiyang-Bobby dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

"Yang pertama pantun `hangoluan, teas hamatean`. Artinya, bahwa untuk hidup bahagia itu harus menjaga sopan dan santun. Kalau tidak menjaga sopan santun, malapetaka yang akan datang," jelas Jokowi.

Nasihat kedua, `soan tobu di bibir dohot diate-ate`. Artinya, manis itu bukan hanya di mulut, tapi juga di hati.

"Bahwa kebaikan yang dikatakan itu juga kebaikan yang dilakukan dengan sepenuh hati," ujar Jokowi.

Ketiga, `tangi silulut on, in te siria on` yang artinya Bobby dan Kahiyang perlu menunjukkan bakti kepada keluarga besar dengan selalu menolong keluarga yang mengalami kesusahan dan kedukaan. Jika ada kegembiraan, wajib datang kalau diundang.

"Jelas sekali pesan-pesannya," papar Jokowi.

Terakhir, `bahat disabur sabi, anso bahat salongo`. "Kalau tidak menanam, kita tidak akan memetik hasilnya. Artinya, banyak berbuat kebaikan agar kita semua menuai kebahagiaan. Amiin. Horas," pungkas Jokowi.

Di hadapan puluhan wartawan, Jokowi beserta Ibu Negara Iriana, Bobby, dan Kahiyang sempat memperlihatkan kebolehan mereka Manortor. Walau hanya sebentar, penampilan itu disambut wartawan dengan teriakan `Horas`.

Pada Minggu, 26 November 2017, rencananya ada kirab lengkap dengan kereta kencana yang dinaiki Kahiyang dan Bobby serta kedua keluarga. Selain kereta kencana dan kuda, dalam kirab tersebut juga ada sejumlah becak bermotor, alat musik tradisional, serta musik tradisional Mandailing Gondang Sambilan yang ikut mengiringi.

 


(NIN)