10 Ekor Kerbau Disiapkan di Pesta Adat Bobby - Kahiyang

Farida Noris    •    Minggu, 19 Nov 2017 14:49 WIB
jokowi mantu
10 Ekor Kerbau Disiapkan di Pesta Adat Bobby - Kahiyang
Tim dari Media Center memberikan penjelasan mengenai acara pesta adat dan resepsi Bobby-Kahiyang

Medan: Pesta Adat Muhammad Bobby Afif Nasution-Kahiyang Ayu akan digelar pada 24-25 November 2017 di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi). Salah satu acara yang akan digelar adalah Manalpokkon Lahan ni Horja (Memotong Kerbau). 

"Oleh karena acara adat pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu ini adalah acara adat besar maka Lahan ni Horja atau hewan yang disembelih untuk acara ini ialah kerbau," kata Muhammad Fauzi selaku Owner Focus Wedding Planner Resepsi Pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan, Minggu 19 November 2017.

Dia menyebutkan pada Jumat 24 November 2017 pagi, diadakan upacara khusus untuk pemotongan kerbau ini yang disaksikan oleh pengetua-pengetua adat. Sedikitnya ada 10 ekor kerbau yang akan diberikan pengetua adat.

"Kerbau ada 10 ekor. Belum tau apakah ada perubahan. Menyembelihnya di rumah orangtua Bobby itu. Jadi ini masih dipersiapkan," ucapnya.

Bobby Nasution - Kahiyang Ayu bersama rombongan dari Solo akan tiba di Bandara Kualanamu pada 19 November 2017. Pasangan ini langsung dibawa ke kediaman Bobby di Bukit Hijau Regency disambut dengan acara adat Mandailing, manyantani. Acara ini merupakan bentuk penerimaan keluarga terhadap Bobby dan sang menantu.

Kemudian dilanjutkan pada 21 November 2017, yakni acara adat pemberian marga pada Kahiyang Ayu. Acara ini akan dilangsungkan di rumah paman Bobby, Doli Siregar, di Jalan STM, Medan Amplas. Diketahui, Kahiyang akan diberikan marga Siregar.

Setelah itu kedua mempelai akan beristirahat selama dua hari. Kemudian pada 24 November - 25 November 2017 akan di gelar acara adat horja godang di kediaman Bobby. Rangkaian acara yang akan digelar selama dua hari ini merupakan adat Mandailing. Selanjutnya, akan dilangsungkan resepsi umum pada 26 November 2017. 



(ALB)