3 Calon Penumpang Terciduk Bawa Sabu 1,4 Kg

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 01 Feb 2018 12:20 WIB
narkoba
3 Calon Penumpang Terciduk Bawa Sabu 1,4 Kg
Barang bukti sabu dan sepasang sepatu yang disita petugas, Rabu 31 Januari 2018. (Medcom.id/Anwar Sadat Guna)

Batam: Petugas Bea Cukai Batam menangkap tiga calon penumpang Lion Air di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam. Ketiga penumpang rute Batam-Denpasar itu ditangkap saat membawa narkotika jenis sabu, pada Rabu, 31 Januari 2018 sekitar pukul 15.30 WIB. Sabu disembunyikan di dalam sepatu. 

Kepala Bidang Bimbingan, Kepatuhan, dan Layanan Informasi Bea Cukai Batam, R Evy Suhartantyo, mengatakan aksi nekat ketiga calon penumpang, yakni YH, 34; TN, 33; dan KP, 26 terungkap saat petugas Aviation Security (Avsec) dan petugas Bea Cukai Batam memeriksa ketiganya di pintu pemeriksaan x-ray.

"Saat memasuki pemeriksaan x-ray, petugas kami mencurigai gerak-gerik penumpang. Begitu diperiksa secara mendalam, ada benda atau barang yang mencurigakan di sepatu yang dikenakan ketiga penumpang tersebut," ungkap Evy kepada Medcom.id, Kamis, 1 Februari 2018.

Ketiga calon penumpang itu selanjutnya diperiksa mendalam di Hanggar Bea Cukai Batam. Hasil pemeriksaan, kata Evy, petugas menemukan bungkusan plastik berisi kristal bening di sepatu masing-masing penumpang. 

"Serbuk kristal tersebut kita tes dengan narcotest dan positif methamphetamine atau sabu. Masing-masing penumpang menyelipkan dua bungkus sabu di sepatunya," tambah Evy. 

Calon penumpang YH membawa 485 gram sabu, TN membawa 476 gram sabu, dan KP membawa 473 gram sabu. Total sabu yang dibawa 1.434 gram atau 1,434 kilogram sabu. 

Humas BC Batam, Frans Samuel, menambahkan ketiga calon penumpang tersebut akan berangkat ke Denpasar, Bali, menggunakan maskapai Lion Air JT 926 sekitar pukul 17.00 WIB. 

"Para pelaku beserta barang bukti narkotika jenis sabu kami serahkan ke kepolisian," pungkasnya.


(LDS)