KPU Sumut Tuntaskan Verifikasi Faktual Parpol

Antara    •    Minggu, 04 Feb 2018 19:50 WIB
pemilu serentak 2019
KPU Sumut Tuntaskan Verifikasi Faktual Parpol
ilustrasi Medcom.id

Medan: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara telah menuntaskan verifikasi faktual terhadap partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019. 12 partai politik di Sumut telah diverifikasi pada 28-30 Januari 2018 sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Setelah itu, 31 Januari kita sampaikan hasilnya ada 7 parpol lama yang kita nyatakan belum memenuhi syarat (BMS)," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara, Iskandar Zulkarnain, Minggu, 4 Februari 2018. 

Iskandar mengatakan, 7 parpol lama tingkat provinsi Sumut yang dinyatakan belum memenhui syarat, yakni PAN, Demokrat, Gerindra, Golkar, Hanura, PKB, dan PPP.

Alasannya, lanjut Iskandar, karena berbagai sebab seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Tanda Anggota (KTA) tidak sesuai dengan sistem informasi partai politik (Sipol), serta perihal memperhatikan keterwakilan perempuan.

"Setelah itu kami beri waktu selama dua hari (1-2 Februari 2018) untuk ke-7 parpol lama itu untuk diperbaiki. Dan kemarin kita sudah kembali lakukan verifikasi yang BMS," terangnya.

"Pada verifikasi perbaikan kemarin, kekurangan dari ke-7 parpol tersebut sudah dilengkapi. Maka bisa kami simpulkan tahapan verifikasi parpol tingkat provinsi sudah rampung," tambahnya.

Lebih lanjut komisioner KPU Sumut divisi hukum itu menambahkan, 4 parpol baru seperti PSI, Perindo, Berkarya, dan Garuda, tidak diverifikasi karena sebelumnya sudah dilakukan verifikasi lebih awal beberapa waktu lalu. 



(ALB)