KM Hema Tenggelam, 4 ABK Dievakuasi

Anwar Sadat Guna    •    Jumat, 29 Sep 2017 18:02 WIB
kapal tenggelam
KM Hema Tenggelam, 4 ABK Dievakuasi
Empat ABK termasuk nakhoda berhasil menyelamatkan diri saat kapal akan tenggelam. Foto: MTVN/Anwar Sadat Guna

Metrotvnews.com, Batam: Kapal motor KM Hema yang mengangkut puluhan ton besi tenggelam di perairan Pulau Tekong, Batau, Provinsi Kepri, Jumat 29 September 2017. Empat ABK termasuk nakhoda berhasil menyelamatkan diri saat kapal akan tenggelam.

Kejadian itu berawal ketika kapal yang dinakhodai oleh Efendi, 53, berlayar dari perairan Batam menuju Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepri, sekira pukul 07.20 WIB.

Saat kapal berlayar dan berada di perairan Pulau Tekong, kapal diduga dihempas gelombang dan tenggelam.

"Informasi yang kami dapatkan, kapal tenggelam karena dihempas ombak. Cuaca pada saat itu kurang bagus. Hujan turun dan disertai angin kencang. Ombak cukup tinggi," kata Kepala Kantor Basarnas Tanjungpinang, Djunaidi kepada Metrotvnews.com, Jumat, 29 September 2017.

Basarnas Tanjungpinang langsung turun ke lokasi kejadian setelah mendapatkan informasi KM Hema tenggelam. Setibanya di lokasi, kata Djunaidi, Tim Basarnas hanya menemukan empat ABK yang sudah berada di laut.

"Saat kami tiba di lokasi,  kapal sudah tidak terlihat. Para ABK mengaku kapal mereka tenggelam," ujarnya.

Tim Basarnas langsung mengevakuasi keempat ABK kapal dan membawa mereka ke pangkalan Basarnas yang ada di Sekupang, Kota Batam, untuk didata dan dikembalikan ke agennya.

Keempat ABK dan nakhoda tersebut, adalah; Efendi, 53 (nakhoda), Rusia, 37, Danu, 32, dan Supri, 26. Setelah proses evakuasi dan pendataan selesai dilakukan, kapal KN Bhisma milik Basarnas Tanjungpinang juga kembali ke pangkalan.


(SUR)