Sumut Jadi Pintu Masuk Obat & Makanan Ilegal dari Luar Negeri

Farida Noris    •    Jumat, 09 Sep 2016 16:59 WIB
produk ilegal
Sumut Jadi Pintu Masuk Obat & Makanan Ilegal dari Luar Negeri
BBPOM Medan memusnahkan obat dan makanan ilegal. Foto: Metrotvnews.com/Farida

Metrotvnews.com, Medan: Sumatera Utara selama ini menjadi pintu masuk obat, makanan dan minuman tanpa izin edar, makanan mengandung bahan berbahaya, dan makanan kedaluwarsa yang berasal dari luar negeri.

"Misalnya ada kosmetik yang harganya berkisar Rp15-Rp25 ribu. Setelah dipakai, wajah memang berkilau, tapi kemudian menghitam. Tentu ini sangat berbahaya bila digunakan dalam jangka waktu yang lama," kata Anggota DPD RI asal Sumatera Utara (Sumut), Parlindungan Purba, usai pemusnahan obat dan makanan ilegal di Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan, Jumat (9/9/2016)

Guna mengurangi dan mencegah masuknya produk-produk berbahaya itu, kata Parlindungan Purba, maka dilakukan pertemuan yang melibatkan berbagai unsur seperti BBPOM, Dinas Kesehatan, serta home industri. 

"Kami sepakat akan menggelar pertemuan. Karena kalau kita larang mereka, tentu harus ada jalan keluarnya. Kemudian kita juga akan menggelar pertemuan dengan pihak rumah sakit, dinas kesehatan, dan apotek untuk membahas distribusi obat-obatan. Supaya ada kesamaan visi. Sehingga bisa kita hindari obat-obatan ilegal ini," kata Parlindungan.

Pengawasan obat dan makanan, lanjut dia, seharusnya tak hanya dilakukan BBPOM. Pemerintah daerah dan Kementerian Kesehatan harus dilibatkan.




(UWA)