Travel Warning Warga Singapura ke Batam Disesalkan

Anwar Sadat Guna    •    Rabu, 16 Nov 2016 12:51 WIB
travel warning
<i>Travel Warning</i> Warga Singapura ke Batam Disesalkan
Kapolda Kepri dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun diarak pasukan Brimob Polda Kepri usai Apel Gelar Pasukan Memelihara Kebinekaan di Lapangan Engkuputri, Batam. Foto: Metrotvnews.com/Anwar

Metrotvnews.com, Batam: Travel warning atau peringatan perjalanan warga Singapura ke Batam, Kepulauan Riau, disesalkan Polda Kepri. 

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian mengatakan situasi di Batam aman dan kondusif. Meski ada aksi unjuk rasa penolakan tarif uang wajib tahunan (UWTO) dan kejadian pembakaran belasan rumah saat proses eksekusi lahan di Bengkong Sadai, namun secara keseluruhan situasi di Batam aman. 

"Saya tegaskan sekali lagi, situasi di Batam aman dan kondusif. Laporkan bila ada pihak yang mengganggu keamanan di Batam," kata dia saat memberi kata sambutan di Apel Siaga Pasukan dalam Menjaga Kebinekaan di Wilayah Kepulauan Riau, di lapangan Engkuputri, Kota Batam, Rabu (16/11/2016).

Kapolda menyesalkan travel warning dari pemerintah Singapura yang seakan-akan menggambarkan Batam tak kondusif.

"Kami sesalkan. Mereka (Singapura) salah membaca situasi. Adanya demo dan kejadian di Bengkong Sadai seakan-akan digambarkan Batam tidak aman," ujarnya.

Menyikapi hal itu, Sam meminta seluruh elemen masyarakat di Kepri menjunjung toleransi antara sesama dan menghargai kemajemukan. "Toleransi sangat penting dalam menjaga kerukunan dan kondusivitas wilayah kita," kata dia.

Sam menyatakan, sebagai wilayah kepulauan, yang masyarakatnya datang dari berbagai wilayah, agama, suku, dan ras, sudah sepatutnya sikap saling menghormati dijunjung tinggi.

"Dengan menjaga kebinekaan kita dapat menciptakan sitausi yang aman dan kondusif," ujarnya. 

Sebanyak 500 personel dikerahkan di Apel Gelar Pasukan Memelihara Kebinekaan dan Operasi Zebra 2016. Personel terdiri dari anggota Polri, TNI, Satpol PP, dan jajaran terkait. 

Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang hadir dalam acara itu berharap agar seluruh masyarakat Kepri menjaga kerukunan.

"Kepri ini adalah wilayah kita bersama. Tempat tinggal kita. Mari saling menjaga keamanan dan toleransi antarsesama," ujar Nurdin.

Kapolda Kepri dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun diarak pasukan Brimob Polda Kepri usai Apel Gelar Pasukan Memelihara Kebhinekaan di Lap Engku Putri, Batam.


(UWA)