Polda Ungkap Pungutan Liar di Disdukcapil Batam

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 17 Oct 2016 19:35 WIB
pungutan liar
Polda Ungkap Pungutan Liar di Disdukcapil Batam
Ilustrasi tempat kejadian perkara, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Batam: Tim Satgas Merah Putih Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau mengungkap pungutan liar (pungli) di Disdukcapil Kota Batam, Senin (17/10/2016). Sejumlah uang hasil pungli disita saat polisi menggeledah kantor itu. 

Tim yang beranggotakan 7 orang itu mendatangi Disdukcapil saat aktivitas di kantor itu masih ramai. Setelah melakukan koordinasi, tim yang dipimpin AKBP Yos Guntur mengungkap praktik pungli dalam pengurusan KTP dan akte kelahiran. 

"Penggeledahan tadi berlangsung di beberapa ruangan di Disdukcapil. Pungli terkait pengurusan KTP dan akte kelahiran," ungkap seorang sumber yang enggan menyebutkan identitasnya kepada Metrotvnews.com, Senin (17/10/2016).

Yos Guntur membenarkan soal penggeledahan. Timnya juga memeriksa dokumen dan berkas terkait pungutan liar itu.

"Jumlah uang yang disita masih kami hitung. Jumlahnya jutaan rupiah," kata Yos Guntur.

Hingga pukul 17.20 sore tadi, Tim Satgas masih menggeledah di kantor yang terletak di Kecamatan Sekupang tersebut. Dalam operasi itu, empat pegawai diamankan petugas. 

Kepala Disdukcapil Kota Batam, Mardanis, belum memberikan tanggapan terkait pengungkapan pungli di kantornya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata yang dihubungi melalui telepon mengaku belum mendapatkan informasi operasi tangkap tangan pegawai Disdukcapil yang melakukan pungli. 

"Saya belum dapat informasinya. Segera saya cek, setelah dapat informasinya nanti saya kabari," kata Ardiwinata. 


(RRN)