Penumpang Citilink Ditangkap Bawa Setengah Kilo Sabu

Anwar Sadat Guna    •    Rabu, 27 Dec 2017 18:00 WIB
narkoba
Penumpang Citilink Ditangkap Bawa Setengah Kilo Sabu
Petugas menyita 530 gram sabu milik Suprianto yang disembunyikan di dalam sepatu.

Batam: Seakan tak ada jeranya, otoritas Bandara Hang Nadim bersama Bea Cukai kembali mengamankan seorang calon penumpang membawa setengah kilo sabu, Rabu, 27 Desember 2017. Bungkusan plastik bening sengaja didesain pelaku menyerupai alas sepatu untuk mengelabui petugas bandara. 

"Cara ini mulai banyak dilakukan sindikat narkoba. Mereka menyembunyikan sabu di alas sepatu supaya lolos dari pemeriksaan petugas. Tetapi petugas kami lebih tanggap dan berhasil menyita barang haram itu," ungkap Kepala Bidang Bimbingan, Kepatuhan, dan Layanan Informasi Bea Cukai Batam, R Evy kepada Medcom.id, Rabu, 27 Desember 2017. 

Calon penumpang Citilink, Suprianto, 45, berhasil diamankan saat melewati pintu x-ray terminal keberangkatan. Saat menuju pintu peneriksaan, petugas Aviation Security (Avsec) bandara dan Bea Cukai curiga dengan gerak-gerik penumpang. 

"Tingkah dan jalannya agak berbeda. Sekilas penumpang itu tampak berdiri lebih tinggi, padahal alas sepatu yang dikenakan tidak terlalu tinggi. Begitu melintasi x-ray, petugas mencurigai ada sesuatu yang disembunyikan pelaku," kata Evy. 

Calon penumpang tersebut kemudian diarahkan ke sisi sebelah kiri pintu x-ray untuk diperiksa. Saat diminta untuk membuka sepatunya, sambung Evy, ternyata ada benda mencurigakan. Barang itu berupa serbuk kristal putih yang dibungkus dengan plastik bening. 

"Ada dua bungkus. Kalau kita lihat sekilas, bungkusannya didesain menyerupai alas sepatu," jelasnya. Petugas kemudian mengamankan pelaku ke hanggar Bea Cukai. Saat dites menggunakan narcotest, barang itu positif methamphetamine atau dabu.

"Calon penumpang tujuan Cengkareng, Jakarta, ini selanjutnya kami amankan ke Kantor Bea Cukai. Setelah itu kami limpahkan ke BNNP Kepri untuk penyidikan lebih lanjut," pungkas Evy.



(ALB)