Taman Hutan Raya Seulawah Terbakar

Nurul Fajri    •    Senin, 10 Oct 2016 19:32 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Taman Hutan Raya Seulawah Terbakar
Foto ilustrasi. (Ant/Rony Muharrman)

Metrotvnews.com, Aceh Besar: Puluhan hektare hutan lindung di kawasan Taman Hutan Raya Lembah Seulawah, Aceh Besar terbakar sejak dini hari tadi, Senin 10 Oktober. Hingga saat ini petugas gabungan masih berusaha memadamkan api yang membakar pohon pinus dan semak belukar.

Informasi yang dihimpun Metrotvnews.com, sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran sudah dikerahkan ke lokasi kebakaran. Puluhan petugas dibantu anggota TNI dan Polres Aceh Besar juga terlihat berusaha memadamkan api.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Besar,  Zainalp Abidin, mengatakan, kebakaran hutan lindung terjadi di dua titik lokasi. Terparah berada di Desa Palapa, Kecamatan Suka Damai di kilometer 62 Jalan Banda Aceh-Medan. Petugas masih berusaha memadamkan api di lokasi tersebut

"Kita masih terus melakukan pemadaman di lokasi," ujar Zainal.

Dia menyebutkan api kembali muncul siang hari tadi karena faktor angin dan kemarau.

Wakapolres Aceh Besar, Kompol Agung mengatakan pihak kepolisian masih terus menyelidiki penyebab kebakaran hutan lindung di pegunungan Seulawah tersebut. Sumber api diduga berasal dari aktivitas warga yang hendak membuka lahan.

"Kita masih selidiki apakah sengaja dibakar atau terbakar karena kemarau panjang di Aceh," sebutnya.

Meski demikian, dia tetap mengimbau masyarakat tidak sembarang membakar lahan. Masyarakat juga diminta menghentikan aktivitas membuka lahan baru sementara waktu.

Kebakaran di kawasan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan juga pernah terjadi sebelumnya. Akibatnya ribuan pohon pinus yang tumbuh di lahan tersebut ludes.


(SAN)