Jembatan Dermaga di Meranti Roboh

   •    Rabu, 28 Jun 2017 20:16 WIB
jembatan rubuh
Jembatan Dermaga di Meranti Roboh
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Jembatan dermaga tempat turun-naik penumpang kapal speed di Desa Tanjung Gadai, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti roboh, Selasa 27 Juni 2017. Akibatnya sekitar 40 penumpang orang mengalami luka ringan.

"Sebagian penumpang hanya mengalami luka memar karena terkena kayu dari bangunan dermaga tersebut. Warga yang berada di sekitar langsung membantu dan menyelamatkan korban yang jatuh ke laut," kata Kapolres Kepulauan Meranti, Riau AKBP Barliansyah Rabu, 28 Juni 2017.

Barliansyah bilang, robohnya jembatan dermaga itu lantaran tak mampu menahan beban penumpang yang sedang menunggu Kapal Speed merapat ke dermaga. Tiang jembatan diduga sudah tua dan rapuh.

"Karena jumlah penumpang yang berada di dermaga semakin banyak sekitar 40 orang, tiba-tiba tempat sandaran kapal tersebut roboh dan warga yang berada di lokasi terjatuh ke laut," urainya.

Personel juga sudah diturunkan untuk pengamanan warga. Jembatan yang dibuat sekitar 20 tahun lalu ditutup sementara untuk tidak digunakan lagi. 

"Selanjutnya pengangkutan penumpang dialihkan agar menggunakan Dermaga di Jalan Batu Bata Desa Tanjung Gadai, yang berada sekitar 100 meter dari dermaga yang ambruk itu," kata Barliansyah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memastikan tak ada korban jiwa dalam musibah ini. "Kita sudah kerahkan anggota di lapangan. Berdasarkan laporan, semua pengunjung yang tercebur ke laut, semuanya selamat dan tidak ada korban jiwa, karena evakuasi sempat diberikan oleh warga," kata Kepala BPB Kabupaten Kepulauan Meranti, M Edy Afrizal.

Edy juga menjelaskan, pada saat air pasang akan naik dan bergelombang pengunjung yang baru datang berkumpul di atas dermaga, sedangkan kondisi dermaga dalam kondisi rapuh. "Banyaknya masyarakat yang berada di jembatan dan dorongan air pasang gelombang, akhirnya jembatan tidak mampu menahan beban," kata dia. (Antara)


(ALB)