105 Kasus Gizi Buruk Ditemukan di Medan

Farida Noris    •    Kamis, 06 Jul 2017 18:55 WIB
kesehatan
105 Kasus Gizi Buruk Ditemukan di Medan
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: Dinas Kesehatan Kota Medan mencatat ada 105 kasus gizi buruk yang terjadi di Medan hingga Mei 2017. Setiap tahun kasus ini selalu saja ditemukan, khususnya di Kota Medan.

"Kasus gizi buruk tersebut, saat ini sudah ditangani serta dilakukan pendampingan," kata Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Medan, dr Shereivia, Kamis, 6 Juli 2017.

Dia mengatakan pada 2016 lalu, ada 104 kasus gizi buruk. Dari sejumlah kasus itu sudah ada yang pindah, sembuh ataupun meninggal. Untuk mencegah kasus itu, setiap bulannya Dinkes Medan melakukan pemantauan di masing-masing kecamatan dan puskesmas.

"Kalau ada anak yang timbangannya yang tidak sesuai, maka selanjutnya kita lakukan sosialisasi ke keluaraga. Lalu dilakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT), dan pemantauan perkembangannya," jelasnya.

Dinkes Medan juga menggandeng Fakultas Kedokteran dalam melakukan pemantauan. Selama bekerja di puskesmas, para dokter muda juga melakukan pendampingan untuk gizi buruk itu.

"Di Medan, hampir setiap kecamatan terdapat kasus gizi buruk. Kasus terbanyak, terdapat di Medan Labuhan 11 kasus, Johor 12 kasus, dan Belawan 8 kasus," pungkasnya.

Shereivia menambahkan, kasus gizi buruk ini faktor utamanya adalah persoalan ekonomi. Selain itu, pemahaman masyarakat yang masih kurang, sehingga perlu dilakukan penyuluhan dan sosialisasi.

"Itulah kita harus membuka mindset masyarakat. Sosialisasi memang sudah dilakukan, tapi tetap saja masih ada yang percaya dengan cara pengobatan tradisional," bebernya.



(ALB)