Helikopter Bom Air Bantu Padamkan Kobaran Api di Aceh Barat

Nurul Fajri    •    Rabu, 26 Jul 2017 17:01 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Helikopter Bom Air Bantu Padamkan Kobaran Api di Aceh Barat
Kabut asap tampak di wilayah Aceh Barat, Aceh, Selasa (25/7/2017). (Metrotvnews.com/Nurul Fajri)

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) mengerahkan dua unit helikopter untuk membantu pemadaman api di tengah hutan dan lahan gambut di Aceh Barat. Kebakaran lahan tersebut sudah berlangsung selama sepekan terakhir. Helikopter bom air ini difokuskan untuk memadamkan kobaran api yang sulit dijangkau mobil pemadam kebakaran.

"Satu unit helikopter bom air saat ini sudah bekerja memadamkan api di enam titik rawan api. Kita masih menunggu satu unit lagi yang sedang menuju ke sini," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Yusmadi pada metrotvnews.com, Rabu 26 Juli 2017.

Yusmadi menyebutkan, hingga pukul 10.00 wib pagi tadi, kobaran api di dua kecamatan sudah berhasil dipadamkan yaitu di kecamatan Woyla dan Sama Tiga. Hingga hari ini, pihaknya fokus melakukan pemadaman di empat kecamatan lainnya, lanjut dia.

Dirinya optimis, kobaran api berhasil dipadamkan dengan bantuan satu unit helikopter bom air tersebut. Pasalnya, kobaran api tidak terlalu luas lagi. 

"Kita fokuskan pemadaman di Kecamatan Johan Pahlawan, karena itu sangat dengan pusat kota," sebut Yusmadi.

Titik api yang membakar lahan di Kabupaten Aceh Barat sudah menyebar ke pamukiman penduduk dan kebut sawit milik warga. Data BPBD menyebutkan 69 hektar lahan habis terbakar. Akibatnya, asap tebal masih menyelimuti wilayah ini dam membuat jarak pandang terganggu, lanjutnya.

Saat ini 23 warga tengah menjalani perawatan di rumah sakit Cut Nyak Dhien karena menderita Inspeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) akibat asap tebal.



(ALB)