Sukhoi TNI AU Usir Pesawat Asing Masuk Kepri

Anwar Sadat Guna    •    Rabu, 31 Oct 2018 17:25 WIB
perbatasan
Sukhoi TNI AU Usir Pesawat Asing Masuk Kepri
Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjajal Sukhoi milik TNI Angkatan Udara. Medcom.id/Lukman Diah Sari

Batam: Dua pesawat Sukhoi milik TNI AU mengusir sebuah pesawat asing yang masuk ke wilayah udara timur Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu, 31 Oktober 2018. Sukhoi dikerahkan untuk mengusir pesawat tak dikenal tersebut.

Kepala Penerangan dan Pustaka (Kapentak) Lanud Raja Haji Fisabilillah (RHF) Letnan Anger mengatakan, kejadian bermula ketika radar milik TNI AU di Bintan, Provinsi Kepri, menangkap sinyal pesawat asing.

"Dua pesawat Sukhoi milik TNI AU yang sedang berada di sekitar bandara Hang Nadim Batam langsung dikerahkan untuk mengejar dan mengusir pesawat asing tersebut," ujar Anger kepada Medcom.id, Rabu, 31 Oktober 2018.

Saat dilakukan pengejaran, sambung Anger, pesawat asing tersebut langsung keluar dari wilayah Kepri. Dua pesawat Sukhoi mengusir pesawat tersebut.

"Begitu mengetahui kehadiran Sukhoi di lokasi, pesawat asing tersebut langsung keluar dari wilayah kita," ujarnya.

Setelah kejadian itu, pesawat Sukhoi patroli selama 1,5 jam di wilayah Kepulauan Riau. "Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian serupa terjadi di wilayah kita," ujarnya.

Dia menyebut keberadaan pesawat Sukhoi TNI AU di Batam dalam rangka Operasi Pertahanan Udara "Tangkis Petir" Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas).


(SUR)