Tiga Pasar Tradisional di Belitung Timur Rusak

Antara    •    Rabu, 19 Jul 2017 16:52 WIB
bencana banjir
Tiga Pasar Tradisional di Belitung Timur Rusak
Banjir merendam Desa Gantung, Kabupaten Belitung Timur, MI - Rendy Ferdiansyah

Metrotvnews.com, Pangkalpinang: Tiga pasar tradisional di Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, rusak. Itu terjadi setelah banjir merendam beberapa kecamatan di kabupaten tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepulauan Bangka Belitung Riza Aryani mengatakan aktivitas di tiga pasar lumpuh. Toko dan lapak rusak. Begitu pula dengan sarana dan prasarana yang belum dapat berfungsi lagi.

Adapun kerusakan terjadi pada Pasar Manggar, Gantung, dan Kelapa Kampit. Sehingga aktivitas jual beli pun berlangsung di luar bangunan pasar.

"Saat ini aktivitas jual beli di pasar tradisional Belitung Timur berada di luar kawasan pasar, karena kondisi di dalam pasar rusak," kata Riza di Pangkalpinang, Rabu 19 Juli 2017.

Sampah pun menumpuk di sekitar pasar. Bau kurang sedap tercium dan mengganggu kenyamanan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan kabupaten untuk mencari solusi memperbaiki sarana dan prasana pasar yang rusak dihantam banjir dengan ketinggian air mencapai satu hingga dua meter, " katanya.

Ia berharap para pedagang untuk tidak menaikkan harga sembako dan kebutuhan lainnya yang memberatkan warga yang terkena musibah banjir.

"Kami akan terus memantau perkembangan harga dan stok sembako di daerah terkena bencana alam ini, sebagai antisipasi kelangkaan dan kenaikan harga tinggi yang memberatkan ekonomi masyarakat, " ujarnya.



(RRN)