Kapal Perang AS dan Kapal Tanker Tabrakan di Selat Malaka

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 21 Aug 2017 12:42 WIB
tabrakan kapal
Kapal Perang AS dan Kapal Tanker Tabrakan di Selat Malaka
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Batam: Tabrakan terjadi antara kapal perang Amerika Serikat (AS) dengan kapal tanker Alnic MC di timur Singapura atau sekira Selat Malaka. Sementara, TNI AL berusaha mengantisipasi pencemaran laut dari minyak yang diangkut Alnic MC.

"Kami sedang mengantisipasi pencemaran di laut Provinsi Kepri karena lokasi tabrakan berbatasan dengan perairan Kepri," kata Kadispen TNI AL Laksamana Pertama Gig Jonias Mozes Sipasulta, Senin 21 Agustus 2017.

Mozes mengatakan, wilayah perairan Kepri sangat rawan tercemar minyak jika terjadi tabrakan kapal tanker di wilayah perbatasan atau Out Port Limit (OPL), termasuk di Selat Malaka.

"Saat saya bertugas di Lantamal IV (Kepri), ini juga jadi atensi kami. Saat ini, kami sedang menghitung luas laut yang terancam tercemar akibat tabrakan tersebut," kata Gig.

Informasi yang dihimpun, kapal perang AS John S. McCain bertabrakan dengan kapal tanker Alnic MC saat perjalanan menuju salah satu pelabuhan di Singapura. Belum diketahui pasti penyebab tabrakan.

Tabrakan menyebabkan kapal perang AS mengalami kerusakan. Selain itu, 10 personel di kapal perang AS dinyatakan hilang dan lima orang lainnnya luka-luka. Upaya pencarian dan penyelamatan sudah berlangsung menggunakan helikopter dan pesawat Marinir Osprey dari kapal serbu amfibi USS Amerika.

Alnic MC adalah kapal tanker seberat 30.000 ton dengan panjang 183 meter. Kapal itu membawa bendera Liberia.

Sedangkan, USS McCain adalah kapal dengan bobot 9.000 ton dan panjang 153 meter. Kapal ini berbasis di Yokosuka, Jepang.


(NIN)