Kahiyang akan Marpangir di Air Terjun Buatan

Farida Noris    •    Kamis, 23 Nov 2017 17:01 WIB
jokowi mantu
Kahiyang akan <i>Marpangir</i> di Air Terjun Buatan
Tepian Raya buatan yang akan digunakan Bobby Afif Nasution- Kahiyang Ayu Siregar mengikuti upacara khusus marpangir. Foto: Metrotvnews.com / Farida Noris

Medan: Bobby Afif Nasution- Kahiyang Ayu Siregar akan mengikuti upacara khusus marpangir atau mandi pada 25 November 2017. Pengantin baru ini akan dibawa ke Tepian Raya Na Martua yang tak jauh dari lokasi resepsi di Komplek Bukit Hijau Regency Tasbi, Medan.

"Tepian Raya ini akan digantikan dengan air terjun buatan yang telah disiapkan," kata salah seorang sesepuh adat Mandailing, Sudirman Lubis, Kamis, 23 November 2017.

Dia menyebutkan upacara khusus marpangir ini untuk 'menghanyutkan' masa remaja. Keduanya didoakan selamat menempuh hidup baru dan memperoleh keturunan anak laki-laki dan perempuan.

"Setelah selesai acara di Tapian Raya Na Martua, kedua pengantin diarak kembali dengan prosesi adat ke gelanggang tempat acara dan dilanjutkan dengan acara penabalan gelar adat kepada Bobby dan Kahiyang," jelasnya.


Kondisi persiapan lokasi pesta. Foto: Metrotvnews.com / Farida Noris


Berbagai persiapan terus dilakukan pihak keluarga dan panitia menjelang pesta adat dan resepsi Bobby Nasution-Kahiyang Ayu di Medan, 24-26 November 2017. Konstruksi bangunan sudah hampir rampung dikerjakan, mulai dari pintu masuk tamu hingga pelaminan kedua mempelai.  

Saat gladi kotor among tamu atau penerima tamu, sejumlah pekerja sibuk menyelesaikan beberapa bagian bangunan. Seperti untuk pintu masuk tamu, lorong menuju tenda utama, pemasangan dinding, sampai pemasangan pernak-pernik dekorasi.  

Dekorasi di sepanjang lorong munuju tenda utama sebagian sudah dihias dengan konsep pedesaan. Dengan bagian atas dipenuhi dedaunan dan lampu hias dari anyaman bambu, serta dinding tepas dan bambu.



 


(SUR)