Empat Daerah di Sumsel Rawan Longsor

Alwi Alim    •    Kamis, 19 Oct 2017 09:57 WIB
tanah longsor
Empat Daerah di Sumsel Rawan Longsor
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Palembang: Ada empat daerah rawan longsor di Sumatera Selatan. Keempat daerah yang dimaksud, yaitu Pagaralam, Kabupaten Lahat, Muara Enim dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

"Empat daerah tersebut rawan longsor karena berada di perbukitan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Iriansyah di Palembang, Rabu 18 Oktober 2017.

Meskipun dinyatakan rawan longsor, namun belum ada status siaga bencana. Penetapan status masih menunggu hasil rapat koordinasi dengan semua stakholder dan intansi terkait.

Iriansyah menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan personel dan logistik sebagai upaya antisipasi. Logistik tersebut bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang didasarkan pada luas wilayah, jumlah penduduk, dan tingkat kerawanan bencana.

"Logistik berupa makanan siap saji, peralatan dapur, terpal, dan lain sebagainya," terangnya.

Selain itu, lanjut Iriansyah, pihaknya juga telah memetakan wilayah yang rawan banjir. Wilayah tersebut berada di dataran rendah, yaitu Kabupaten Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, dan Kabupaten Banyuasin.

"Tiga kabupaten tersebut merupakan daerah pasang surut. Sehingga, banjir dipastikan menerang setiap kali pasang," pungkasnya.


(NIN)