16 Parpol di Tanjung Pinang Ikut Pemilu 2019

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 08 Feb 2018 16:52 WIB
pemilu
16 Parpol di Tanjung Pinang Ikut Pemilu 2019
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Batam: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menetapkan 16 partai politik (parpol) memenuhi syarat verifikasi dan administrasi untuk menjadi peserta Pemilu 2019. Empat partai baru dipastikan ikut pesta demokrasi tahun depan.

"Untuk partai baru yang memenuhi syarat ada empat, yaitu; Perindo, PSI, Berkarya, dan Garuda," ungkap Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria usai rapat pleno terbuka, di Kota Tanjungpinang, Kamis, 8 Februari 2018.

Dua belas parpol lama juga dinyatakan telah lolos verifikasi dan administrasi. Seluruh parpol tersebut, memenuhi syarat anggota minimal 207 orang, kuota 30 persen perempuan, kantor partai, dan adanya struktur kepengurusan yakni ketua, sekretaris, dan bendahara.

Setelah proses di tingkat kota selesai, maka tahapan rekapitulasi verifikasi parpol ini akan dilanjutkan di tingkat provinsi dalam rapat pleno yang digelar pada 12 Februari 2018. "Setelah itu, KPU RI yang akan menetapkan partai mana saja yang berhak mengikuti Pemilu 2019," ujarnya.

KPU akan melakukan persiapan bagi warga Kepri yang hendak mencalonkan diri menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. KPU kota/kabupaten, kata dia, akan melakukan sensus dukungan calon DPD setelah mereka mengumpulkan dukungan dari warga.

"Formulir dukungan bisa diambil di website KPU Tanjungpinang bagi siapa  yang hendak menjadi anggota DPD," ujarnya.

Partai Bulan Bintang (PBB) dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS) dalam tahap verifikasi yang dilakukan KPU Tanjungpinang. Partai pimpinan Yuzril Izha Mahendra itu belum memenuhi syarat jumlah anggota sebanyak 207 orang.

"Setelah melakukan perbaikan selama tiga hari, yakni 3-5 Februari 2018, partai ini akhirnya bisa memenuhi jumlah anggota sebanyak 207 orang," pungkas Robby.


(SUR)