Penipu Berkedok Dukun Pengganda Uang Dibekuk di Deli Serdang

Budi Warsito    •    Sabtu, 27 Aug 2016 20:53 WIB
penipuan
Penipu Berkedok Dukun Pengganda Uang Dibekuk di Deli Serdang
Abdullah, 34, penipu berkedok dukun pengganda uang di Markas Polsek Medan Sunggal, Medan, Sumatera Utara (Foto: MTVN/Budi Warsito)

Metrotvnews.com, Medan: ‎Personel Polsek Medan Sunggal, Medan, Sumatera Utara, meringkus penipu berkedok dukun pengganda uang. Pelaku yakni Abdullah, 34, warga Kecamatan, Sunggal, Deli Serdang.‎ Abdullah diringkus di Deli Serdang setelah menipu tiga orang korban dengan total kerugian Rp12 juta.
 
"Kami terima laporan pengaduan yaitu adanya tindak pidana penipuan, penggelapan dengan modus dukun palsu yang dapat menggandakan uang‎," kata Kepala Polsek Medan Sunggal Komisaris Polisi Daniel Marinduri, Sabtu (27/8/2016).

Pihaknya menerima laporan dari tiga korban, pada Kamis 28 Agustus 2016. Tiga korban yakni Ariyono, 37; Hendrik, 42; dan Muhammad, 51. Mereka mengaku ditipu pelaku sejak dua bulan lalu.
 
‎Setelah penyelidikan, pelaku dibekuk di sebuah lokasi di Deli Serdang. Pelaku mengaku menipu korban dengan bujuk rayu dan iming-iming menggandakan uang.
 
‎"Untuk meyakinkan korban, pelaku menambahkan sendiri uang yang diserahkan. Agar korban yakin bahwa pelaku benar-benar bisa menggandakan uang," kata dia.
 
Setelah itu, dalam ritualnya pelaku berpura-pura‎ membaca doa serta menggunakan perlengkapannya berupa kain merah, kalung jimat, kain putih, serta pipa rokok dari kuningan. Hal itu untuk meyakinkan korban bahwa pelaku dapat menggandakan uang.
 
"Kemudian, pelaku kembali menyerahkan uang dengan total nilai puluhan juta rupiah. Namun, pada kenyataannya, pelaku sama sekali bukan dukun dan tidak bisa menggandakan uang," imbuh dia.
 
‎Saat ini, pelaku meringkuk di tahanan dan masih menjalani pemeriksaan di Markas Polsek Medan Sunggal. Tersangka dijerat Pasal 378 subsider Pasal 372 KUHPidana.
 
"Ancaman hukumannya empat tahun penjara," pungkas dia.

(TTD)