Massa Pendukung Syafi`i Protes ke Kejati Sumut

Budi Warsito    •    Senin, 26 Sep 2016 16:39 WIB
unjuk rasa
Massa Pendukung Syafi`i Protes ke Kejati Sumut
Unjuk rasa di depan kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Senin 26 September 2016 (Foto: MTVN/Budi Warsito)

Metrotvnews.com, Medan: Ratusan orang berunjuk rasa di kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Jalan AH Nasution, Medan, Senin 26 September. Mereka memprotes aksi penggeledaan rumah anggota Komisi III DPR Raden Muhammad Syafi`i atau lebih dikenal dengan Rumah Aspirasi Romo Centre itu beberapa waktu lalu.

Para pendukung Syafi`i itu menilai aksi penyidik Adhyaksa yang menuding tersangka dugaan korupsi Bank Sumut Irwan Pulungan disembunyikan di Romo Centre itu berlebihan. Massa juga mendesak bertemu dengan Kepala Kejati Sumut atau Wakil Kepala Kejati Sumut.

"Kami minta bapak Kajati yang ketemu kami. Kalau tidak kami tidak akan bubar. Dan kami tidak ingin hanya Kasi Penkum (Kepala Seksi Penerangan Hukum) seperti demo yang sebelumnya karena tidak ada lanjutannya," kata Sekretaris Rumah Aspirasi Romo Centre Wahyu di sela unjuk rasa, Senin (26/9/2016).

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sumut Bobbi Sandri membantah saat itu menggerebek Romo Centre. Penyidik hendak mencari tersangka Iwan Pulungan untuk dimintai keterangan. 

"Kita minta masyarakat mengerti jika kita hanya mencari tersangka," kata Bobbi Sandri.

Meski sempat berkomunikasi dengan pihak Kejati Sumut, pengunjuk rasa merasa tidak puas. Sejumlah demonstran sempat menggoyangkan pagar kantor Kejati Sumut agar dapat masuk dan menyampaikan tuntutan.

Petugas keamanan Kejati Sumut menutup gerbang kantor guna mengantisipasi kericuhan. Aksi ini dikawal sejumlah personel Sabhara Polresta Medan. Tak lama kemudian, pengunjuk rasa membubarkan diri.


(TTD)