Petugas Gagalkan Penyelundupan Mobil Mewah Asal Singapura

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 22 Jan 2019 13:58 WIB
penyelundupan
Petugas Gagalkan Penyelundupan Mobil Mewah Asal Singapura
Sebuah mobil mewah diduga selundupan dari Singapura ditemukan di Batam, Dok istimewa.

Batam: Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV menggagalkan penyelundupan beberapa mobil mewah asal Singapura. Mobil-mobil mewah itu disimpan di Gudang Batam Trans milik seseorang berinisial LT.

Gudang tersebut berada di Batam Center, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Informasi diterima tim gabungan pada Sabtu, 19 Januari 2019.

"Saat dilakukan pemeriksaan, tim gabungan berhasil menemukan tiga unit konteiner yang berisi mobil mewah bekas, yakni Nissan Skyline GTR33 warna putih tahun 2000, Nissan Skyline GTR 34 tahun 2000, dan Sedan Mustang, warna merah tahun 1972," kata Komandan Lantamal IV, Tanjungpinang, Laksma TNI R Eko Suyatno, Selasa, 22 Januari 2019.

Eko menjelaskan, tim gabungan Lantamal IV dan Bais TNI mengamankan ketiga unit konteiner tersebut dan melakukan pengembangan melalui penjaga gudang berinisial P.

"Berdasarkan pengembangan tersebut, diduga sudah ada konteiner lain yang sampai di Pelabuhan Tanjungpriok Jakarta," jelas Eko.

Koordinasipun segera dilakukan dengan Dispamal dan Bea Cukai Tanjungpriok. Selanjutnya konteiner yang dicurigai langsung dipindahkan dari tempat penyimpanan ke kantor Bea Cukai Tanjungpriok dan dilakukan pemeriksaan menggunakan Xray scanner.

"Hasilnya didapati bahwa isi dalam konteiner tersebut yakni dua unit mobil mewah bekas diduga diselundupkan dari Singapura," beber Eko.

Tim gabungan hingga saat ini masih melakukan pengembangan dan mengamankan barang bukti untuk penyelidikan lebih lanjut.


(DEN)