Lima Nama Mencuat Bakal Calon Gubernur Riau 2018

Anwar Sadat Guna    •    Rabu, 04 Oct 2017 19:13 WIB
pilkada 2018
Lima Nama Mencuat Bakal Calon Gubernur Riau 2018
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Lima nama bakal calon Gubernur Riau mencuat seiring proses seleksi dan penjaringan yang dilakukan parpol jelang Pilgub Riau 2018. Kelima nama itu, Arsyadjuliandi Rachman, Muh Haris, Syamsuar, Lukman Edy, dan Ahmad. 

Arsyadjuliandi Rachman adalah petahana (Gubernur Riau), Muh Haris (Bupati Pelalawan 2 periode), Syamsuar (Bupati Siak 2 periode), Lukman Edy (anggota DPRD RI), dan Achmad (mantan Bupati Rokan Hulu 2 periode).

Dari sekian parpol yang melakukan seleksi dan penjaringan bakal calon gubernur, Partai NasDem Riau terbilang aktif dalam proses penjaringan dan seleksi tersebut. Kelima nama calon gubernur itu bahkan masuk dalam radar NasDem. 

"Kami menjaring 10 nama bakal calon Gubernur Riau. Dari 10 nama tersebut, lima di antaranya adalah; Muh Haris, Arsyadjuliandi Rachman, Syamsuar, Lukman Edy, dan Achmad," kata Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem Riau, Fitrah kepada Metrotvnews.com, Rabu, 4 Oktober 2017.

Fitrah menyatakan, saat ini partainya menunggu hasil survei ke-10 bakal calon Gubernur Riau. Survei dilakukan oleh lembaga survei yang telah bekerja sama dengan NasDem. Di antaranya, Indobarometer, Charta Politika, Media Research Center (MRC), dan beberapa lembaga survei lainnya. 

"Setelah hasil survei keluar, dari 10 nama bakal calon akan kami kerucutkan menjadi 5 nama. Setelah itu kami plenokan untuk menentukan calon Gubernur Riau yang akan diusung NasDem," jelas Fitrah. 

Nama calon Gubernur Riau tersebut, sambung Fitrah, akan direkomendasikan ke DPP NasDem untuk diputuskan dan mendapat persetujuan. "DPP yang akan memutuskan namun merujuk pada masukan dan rekomendasi DPW," ujarnya.

Selain NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN) juga telah mengerucut pada 5 nama calon Gubernur Riau. Kelima nama tersebut bahkan secara khusus diundang ke DPP PAN di Jakarta untuk memaparkan visi misinya maju di bursa calon gubernur. 

"DPP PAN juga secara aktif melakukan seleksi terhadap lima bakal calon gubernur yang akan diusung. Sebelum dipilih, DPP mengundang lima calon untuk menjelaskan visi misi dan motivasinya maju di Pilgub Riau 2018," ujar Sekretaris DPW PAN Riau Tengku Zulmizan F Assagaf kepada Metrotvnews.com, Rabu, 4 Oktober 2017.

Informasi yang dihimpun, kelima nama tersebut, yakni Muh Haris, Syamsuar, Lukman Edy, Achmad, dan Irwan Nasir. Nama terakhir adalah Ketua DPW PAN Riau yang saat ini menjabat Bupati Meranti. "Ketua kami, Pak Irwan juga masuk dalam lima nama yang dipanggil ke DPP," kata Zulmizan. 

Ia tak memungkiri adanya beberapa nama kader Golkar yang turut diundang oleh DPP, termasuk kader PKB Lukman Edy. Kader Golkar tersebut, antara lain; Muh Haris, Syamsuar, danamun Arsyadjuliandi Rachman. 

"Untuk mengusung calon, setidaknya kami butuh 6 kursi lagi, karena sesuai persyaratan untuk mengusung calon gubernur minimal memperoleh 13 kursi di DPRD," ujarnya. Di DPRD Riau, PAN meraih 7 kursi. Sedangkan NasDem 3 kursi. 

Sementara itu, pengamat politik Universitas Riau (Unri), Hasanuddin, menilai, elektabilitas beberapa bakal calon Gubernur Riau sudah tak perlu diragukan lagi. 

Kepemimpinan selama dua periode sebagai kepala daerah, atau minimal pernah menjabat sebagai kepala daerah, kata dia, bisa menjadi modal bagi calon tersebut bertarung untuk memperebutkan kursi nomor satu Riau. 

"Beberapa calon gubernur yang saat ini mencuat ke publik, antara lain; Arsyadjuliandi Rachman, Muh Haris, Syamsuar, Achmad, Lukman Edy, dan Septina (Ketua DPRD Riau)," ujarnya.

"Merujuk hasil survei yang dilakukan Indonesia Network Election Survei (INES), elektabilitas Syamsuar berada di peringkat atas dengan tingkat elektabilitas 21,3%. Disusul Muh Haris 9,9%, Arsyadjuliandi 8,3%, dan Septina 8,2%," pungkasnya.


(ALB)