Paduan Suara dari Kupang & Manado Juarai Pesparawi XIV

Budi Warsito    •    Kamis, 08 Sep 2016 21:54 WIB
seni dan budaya
Paduan Suara dari Kupang & Manado Juarai Pesparawi XIV
Penutupan Pesparawi XIV. Foto: Metrotvnews.com/Budi

Metrotvnews.com, Medan: Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) 2016 menunjuk Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Evangelist dan PSM Sam Ratulangi Manado sebagai juara umum pada penyelenggarakaan Pesperawi XIV yang dihelat di Medan, Sumatera Utara. 

PSM Universitas Sam Ratulangi Manado menyabet gelar juara umum untuk kategori Musica Sacra. Mereka mengumpulkan nilai 88,90. Sedangkan PSM Evangelist Universitas Kristen Artha Wacana Kupang menyabet gelar juara umum untuk kategori Gospel (spiritual) dengan total nilai 88,5. 

Juara kedua kategori‎ Musica Sacra diraih PSM Voice Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga dengan nilai 88,5. Posisi ketiga diduduki PSM USU Medan dengan nilai 84,5.

Sementara itu, untuk kategori Gospel, juara kedua diduduki PSM Hotumese Universitas Pattimura Ambon dengan nilai 87,98, dan juara ketiga PSM Voice Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga dengan nilai 83. 

‎John Hopper, juri dari Kanada, ‎mengatakan hasil itu merupakan penilaian atas ‎semua aspek. "Keputusan itu adalah keputusan yang adil, tegas, dan objektif," kata Hopper, usai pengumuman juara, di Gedung Medan International Convention Center (MICC)‎, Jalan Gagak Hitam, Medan Sunggal, Kamis (8/9/2016). 

Pesparawi adalah even dua tahunan. Pada penyelenggaraan kali ini diselenggarakan di Universitas HKBP Nomensen (UHN) selama tiga hari sejak Senin 5 September hingga 7 September. 

"Terimakasih atas kepercayaan Kemenristek Dikti pada U‎HN. Kami mohon maaf atas berbagai kekurangan," ujar Rektor UHN, Sabam Malau. 

Ketua Umum Pelaksana Olona Simajuntak berharap Pesparawi memperkuat persaudaraan di antara peserta. "Kita adalah saudara sebangsa dan setanah air. Mari membangun NKRI ini melalui kegiatan positif," katanya.

Pesparawai 2016 diikuti 1.401 peserta. Beragam suku dan budaya dari 34 provinsi di Indonesia bersatu dalam acara ini. Selain mengasah bakat dan kemampuan di bidang tarik suara, ‎kegiatan ini juga merupakan pertemuan antarperguruan tinggi se-Indoensia. 

‎Bertindak sebagai juri, antara lain John Hooper dari University of Alberta, Perry Rumengan dari ISI Yogyakarta, Daud Kosasih dari MACM, Aida Swenson Simanjuntak, dan Delima Simamora. 

Pesparawi XV akan diselenggarakan di Universitas Palangkaraya pada 2018‎.



(UWA)