BMKG: Dua Titik Panas Terdeteksi di Riau

Antara    •    Senin, 16 Jan 2017 10:54 WIB
kebakaran lahan dan hutan
BMKG: Dua Titik Panas Terdeteksi di Riau
Foto ilustrasi: petugas Manggala Agni memadamkan api. (Ant/Ronny Muharrman)

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Senin, 16 Januari mendeteksi dua titik panas di Riau. Berdasarkan pencitraan satelit Aqua pukul 06.00 WIB, titik panas terdeteksi di Kabupaten Siak dan Pelalawan. 

Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin merinci satu titik panas dengan tingkat kepercayaan 58 persen sebagai indikasi kebakaran di Pelalawan terdeteksi di Kecamatan Kuala Kampar. Lalu, titik panas dengan tingkat kepercayaan 66 persen di Siak terdeteksi di Kecamatan Siak.

Meski begitu, ia mengatakan secara umum cuaca di Riau cerah-berawan. Potensi hujan ringan diprediksi terjadi merata di wilayah bagian utara, tengah, dan pesisir timur pada sore dan malam ini.

BMKG mulai mendeteksi munculnya titik-titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan di Riau dalam sepekan terakhir. Titik panas menyebar di Kabupaten Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir sejumlah daerah mengalami kekeringan hingga potensi kebakaran cukup tinggi.


(SAN)