Tahun Ini, Tenaga Honorer Pemkot Palembang Dapat Gaji ke-13

Alwi Alim    •    Selasa, 13 Jun 2017 15:33 WIB
tenaga honorer
Tahun Ini, Tenaga Honorer Pemkot Palembang Dapat Gaji ke-13
Ilustrasi gaji, Ant

Metrotvnews.com, Palembang: Tenaga honorer di Kota Palembang, Sumatera Selatan, bakal mendapat gaji ke-13 pada 2017. Pemberian gaji ke-13 itu merupakan kali pertama di Kota Pelambang.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan gaji ke-13 itu berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 Palembang. Besaran gaji ke-13 sama dengan nilai gaji terakhir tenaga honorer.

"Surat keputusannya sudah ada. Tinggal ditandatangani," kata Wali Kota di Palembang, Selasa 13 Juni 2017.

Wali Kota mengatakan pemberian gaji ke-13 bertujuan menyejahterakan tenaga honorer yang bertugas di lingkup Pemkot Palembang. Sebab tenaga honorer juga berkontribusi besar untuk Pemkot Palembang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang, Ratu Dewa, mengatakan tenaga honorer di Pemkot Palembang mencapai 2.920 orang. Mereka tersebar di organisasi perangkat daerah dan Sekretariat Daerah Pemkot Palembang.

"Untuk pembayaran gaji ke-13 ini masih menunggu SK dari Wali Kota," pungkasnya.

Sementara Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang, Hoyin Rizmu, mengatakan tenaga honorer rata-rata mendapat gaji kurang lebih Rp1,5 juta. Sehingga estimasi dana untuk gaji ke-13 pada 2017 yaitu lebih Rp2 miliar.

Untuk mekanisme pencairan, Hoyin menyerahkan keputusannya pada setiap OPD. Sebab, lanjut Hoyin, BPKAD akan mentransfer dana tersebut ke bendahara masing-masing OPD.

"Nah, dari bendahara OPD nantinya akan dibayarkan ke tenaga honorer," pungkasnya.  (Alwi Alim)


(RRN)