Dirikan Rumah Pintar Pemilu, KPU Tanjungpinang Target Partisipasi Pemilih Meningkat

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 08 Aug 2017 19:08 WIB
pilkada 2018
Dirikan Rumah Pintar Pemilu, KPU Tanjungpinang Target Partisipasi Pemilih Meningkat
Beberapa warga Kota Tamjungpinang berkunjung di Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Tanjungpinang, Selasa, 8 Agustus 2017.

Metrotvnews.com, Batam: Menghadapi Pilkada Kota Tanjungpinang 2018, KPU Tanjungpinang, Provinsi Kepri mendirikan Rumah Pintar Pemilu. Selain 
untuk menambah wawasan masyarakat tentang Pemilu, rumah pintar diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih di pilkada nanti.

"Saat ini, baru empat kota/kabupaten di Kepri yang memiliki Rumah Pintar Pemilu, yaitu Tanjungpinang, Batam, Kabupaten Bintan dan Lingga," ungkap Ketua KPU Kota Tanjungpinang Robby Patria kepada Metrotvnews.com, Selasa, 8 Agustus 2017.

Pendirian Rumah Pintar Pemilu, kata Robby, bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Pemilu, mulai dari Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg), Pililihan Kepala Daerah (Pemilukada) agar wawasan mereka tentang pemilu bertambah. 

"Di Rumah Pintar Pemilu ini kami menyiapkan ruangan audio visual yang akan memutar sejarah tentang Pemilu. Ada juga film-film dokumenter tentang Pemilu, dan beberapa tayangan dan publikasi lain yang berkaitan dengan pemilu dan tahapannya," kata Robby. 

Pihaknya berharap, setelah masyarakat keluar dari Rumah Pintar Pemilu, pengetahuan mereka bertambah dan dapat menentukan pilihan sesuai hati nurani mereka pada Pilkada Tanjungpinang 2018 maupun pada Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

"Harapan kita, setelah masyarakat keluar dari Rumah Pintar Pemilu mereka juga pintar dan cerdas dalam menentukan pilihan pada pelaksanaan pemilu nanti," jelasnya. 

Tak kalah pentingnya, sambung Robby, kehadiran rumah pintar ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada Kota Tanjungpinang 2018 mendatang. 

Sekadar diketahui, partisipasi pemilih Kota Tanjungpinang pada Pilgub Kepri 2015 lalu hanya 63% dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 146.207 orang. 

"Kami menargetkan, partisipasi pemilih pada Pilkada Kota Tanjungpinang 2018 nanti mencapai 77%. Angka ini sesuai dengan yang ditargetkan KPU Pusat untuk seluruh daerah yang melaksanakan pilkada serentak 2018," jelasnya.

Saat ini, tambah Robby, pihaknya sudah menerima Data Agregat Kependudukan Perkecamatan Kota Tanjungpinang dari Kemendagri. Dalam data tersebut, jumlah penduduk Kota Tamjungpinang mencapai 207.933 orang. 

"Dari data jumlah penduduk tersebut nanti kami petakan lagi untuk jumlah pemilih potensialnya. Selanjutnya dari situ, kami muktahirkan lagi untuk ditetapkan berapa jumlah Daftar Pemilih Tetapnya (DPT)," pungkas Robby.



(ALB)