Tongkang Pengangkut Batu Bara Menabrak Jembatan Ampera

Alwi Alim    •    Rabu, 17 May 2017 16:25 WIB
kecelakaan kapal
Tongkang Pengangkut Batu Bara Menabrak Jembatan Ampera
Tongkang pengangkut batu bara menabrak Jembatan Ampera di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan -- MTVN/Alwi Alim

Metrotvnew.com, Palembang: Tongkang pengangkut batu bara menabrak Jembatan Ampera di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Kecelakaan terjadi ketika tongkang raksasa milik PT Bukit Asam itu ditarik kapal tunda dari arah Dermaga 35 Ilir menuju Boom Baru, sekira pukul 11.00 WIB.

Kasat Polair Polresta Palembang Kompol C.S. Panjaitan menjelaskan, tali penarik putus sekitar 600 meter dari Jembatan Ampera. Tongkakng kemudian terbawa arus hingga menabrak Jembatan Ampera dengan posisi melintang.

"Ketika ditarik dengan kapal, tongkang itu sekarusnya berjalan lurus. Tapi, karena tali penarik putus, tongkang berjalan melintang dan tak bisa melewati celah tiang Ampera," kata Panjaitan di lokasi, Rabu 17 Mei 2017.

Beruntung, tongkak hanya menabrak tiang pelindung Jembatan Ampera. "Saat ini, kami belum dapat memastikan kerusakan dan korban yang disebabkan kecelakaan ini," lanjut Panjaitan.

Menurut Panjaitan, pihaknya akan menyelidiki penyebab putusnya tali penarik. Termasuk muatan batu bara yang diduga over kapasitas.

"Muatan tongkang 7.700 metrik ton," pungkasnya.


(NIN)