Warga Padang Sidempuan Diimbau tak Terpengaruh Isu Tsunami

Farida Noris    •    Selasa, 18 Jul 2017 10:56 WIB
gempa bumi
Warga Padang Sidempuan Diimbau tak Terpengaruh Isu Tsunami
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Medan: Wilayah Padangsidemuan, Sumatera Utara, kembali diguncang gempa bumi tektonik pada pukul 00.28 WIB, Selasa 18 juli 2017. Analisis Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menunjukkan, pusat gempa berkekuatan 3,4 Scala Richter (SR) itu berada di darat dan tidak berpotensi tsunami.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan Edison Kurniawan mengatakan, posisi episenter pada koordinat 1,69 Lintan Utara dan 99,20 Bujur Timur, tepatnya 15 kilometer barat laut Tapanuli Selatan. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer.

"Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shake map) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Padang Sidempuan," kata Edison di Medan, Selasa 18 Juli 2017.

Menurut Edison, gempa bumi ini adalah rangkaian gempa susulan setelah dipicu gempa utama berkekuatan 5,5 SR pada 14 Juli 2017. Hingga 18 Juli 2017, jumlah gempa susulan mencapai 11 kejadian.

"Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa ini berada pada zona sesar Sumatera pada segmen Angkola," urainya.

BBMKG mengimbau masyarakat yang berada di sekitar wilayah Kota Padangsidempuan tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. Masyarakat juga diimbau mengikuti arahan pemerintah daerah melalui BPBD.

"Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya, diminta tidak terpancing isu yang mengatakan gempa berpotensi tsunami," pungkasnya.


(NIN)