Diduga Ada Main Mata saat Pejabat Pemkot Medan ke Taiwan

Budi Warsito    •    Kamis, 22 Sep 2016 18:14 WIB
media sosial
Diduga Ada Main Mata saat Pejabat Pemkot Medan ke Taiwan
Kepala Bagian Umum Sekretaris Daerah Kota Medan M. Andi Syahputra di jet mewah -- dok/Facebook

Metrotvnews.com, Medan: ‎Kunjungan pejabat Pemkot Medan ke Taiwan untuk menghadiri Global Harbor Cities Forum dengan menumpang jet pribadi menuai kritik. Pejabat Pemkot Medan itu diduga main mata dengan pengusaha yang turut serta dalam jet pribadi.

‎"Kalau tidak ada klarifikasi, kita curigai dia ada komitmen dengan pengusaha ataupun makan-makan di pesawat. Kan tidak cocok seperti itu," ujar anggota DPRD Kota Medan ‎dari Fraksi Gerindra Godfried Effendi Lubis, Kamis (22/9/2016).

‎Godfried juga menyesalkan beredarnya foto-foto pejabat Pemkot Medan sedang bergaya di dalam jet pribadi. Munculnya foto-foto itu di Facebook, lanjut ‎Godfried, menunjukkan rendahnya rasa empati pejabat Pemkot Medan terhadap masyarakat yang masih bergelut dengan banjir dan begal.

‎"Sempat-sempatnya ke Taiwan naik jet pribadi. Tak ada tanggungjawabnya dia kepada masyarakat. Empatinya dia kepada masyarakat nggak ada, sangat kita sesalkan itu‎," tuturnya.

Di tengah kondisi Medan saat ini, bagaimanapun amat tak pantas pejabat bersenang-senang dan bergaya naik jet pribadi. Pemimpin, menurut Godfried, seharusnya lebih mengutamakan kinerja dari pada lawatan ke luar negeri.

"Masalah parit saja nggak bisa ditanggulangi. Hujan deras, banjir. Apa yang kita banggakan dari Kota Medan? Kita kalah dengan kota lain, seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung," pungkasnya.

(Baca: Foto Pejabat Pemerintah Kota Medan Naik Jet Mewah Menuai Kritik)

Sebelumnya, beredar foto beberapa pejabat Pemkot Medan sedang berada di dalam pesawat mewah. Kepala Bagian Umum Setda Kota Medan M. Andi Syahputra mengunggahnya ke media sosial dengan menuliskan kalimat, `perjalanan yang tak terlupakan`.


Diduga pejabat Pemkot Medan sedang berada di dalam jet pribadi -- dok/Facebook

Dalam foto itu, Andi duduk santai di kursi pesawat jet mewah bersama beberapa orang lainnya. Berdasarkan informasi yang beredar, saat itu Andi bersama Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, asisten pemerintahan Musadad Nasution, Kepala Dinas Pendapatan M. Husni, Kepala Dinas Perhubungan Renward Parapat, beserta staf Bappeda Kota Medan.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Medan Budi Hariono mengakui Wali Kota Medan Dzulmi Eldin memang berangkat ke Taiwan bersama sejumlah pejabat Pemkot Medan. Tetapi, dia tak tahu maskapai yang digunakan dalam perjalanan dinas itu.

"Enggak tahu apakah dia (Andi) naik pesawat pribadi atau enggak. Dia yang tahu," kata Budi Hariono.


(NIN)