KPU Medan Terima Berkas Dua Parpol Untuk Verifikasi

Farida Noris    •    Selasa, 10 Oct 2017 20:30 WIB
pemilu serentak 2019
KPU Medan Terima Berkas Dua Parpol Untuk Verifikasi
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Medan: Sejak dibukanya pendaftaran tahapan proses verifikasi peserta Pemilu 3 Oktober 2017 kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, baru menerima dua partai politik yang menyerahkan berkas persyaratan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Medan, Herdensi Adnin mengatakan, dua partai politik yang telah menyerahkan berkas yakni Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

"Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang tahapan, pelaksanaan dan pemilihan anggota legislatif, bahwa verifikasi partai politik tidak hanya untuk partai politik baru yang mengikuti Pemilu 2019, akan tetapi juga untuk partai politik peserta 2014," kata Herdensi, Selasa 10 Oktober 2017.

Maka bagi partai politik yang ingin mengikuti Pemilu 2019, kata Herdensi, wajib mendaftar ke KPU hingga batas penyerahan pada 16 Oktober 2017 yang telah ditetapkan. Tapi dengan syarat, partai harus mendaftar terlebih dahulu di tingkat pusat. 

"Saat pendaftaran, maka saat itu masuk dalam sistem penerimaan parpol. Ini dilakukan untuk mencocokan data kepengurusan dengan data mulai dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota," urainya.

Ditambahkan Herdensi, setelah diterima, berkas itu selanjutnya akan diverifikasi faktual dengan mendatangi secara acak alamat yang tercantum pada kartu tanda anggota yang diserahkan. 

"Kita tidak ingin ada identitas ganda, PNS, anggota TNI/Polri atau pegawai BUMN maupun BUMD yang menjadi pengurus partai politik," pungkasnya.

Terpisah, Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Medan, Patar Hasudungan Silitonga mengaku untuk saat ini, keanggotaan PSI Kota Medan ada 1.080 orang. Pihaknya telah menyerahkan Fotokopy KTP, KTA dan Form kepengurusan kepada KPU Medan.

"Dari biodata yang diserahkan ke KPU Medan, beberapa di antaranya menggunakan kartu resi yang dikeluarkan Disdukcapil Kota Medan. Ini telah dikordinasikan dengan pihak KPU Kota Medan. Targetnya, PSI lulus dalam tahapan verifikasi," ujar Patar.


(ALB)