Harga Bawang di Medan Naik

Farida Noris    •    Selasa, 13 Feb 2018 13:09 WIB
bawang
Harga Bawang di Medan Naik
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Medan: Harga bawang merah dan bawang putih di pasar tradisional di Medan bergerak naik menjelang perayaan Imlek. Kenaikan harga bervariasi antara Rp2 ribu hingga Rp3 ribu perkg dan sudah terjadi tiga hari terakhir.

Berdasarkan pantauan, bawang putih yang biasanya dijual dikisaran Rp22 ribu hingga Rp24 ribu perkilogram, naik menjadi Rp27 ribu perkg. Cabai merah naik dari Rp30 ribu perkg menjadi Rp36 ribu perkg.

Sementara untuk cabai rawit harganya masih bertahan dari Rp48 ribu perkg hingga Rp55 ribu perkg. Bawang merah dijual sekitar Rp28 ribu perkg dari sebelumnya Rp26 ribu perkg.

"Bawang putih sudah naik. Itupun bawangnya kecil-kecil. Bawang merah juga mengalami kenaikan harga," kata M Pasaribu, pedagang di Pasar Petisah, Medan, Selasa, 13 Februari 2018.

Terpisah, Sobar, pedagang lainnya di Pusat Pasar Tradisional Medan juga tidak menampik kenaikan harga bawang merah dan bawang putih ini. Kenaikan harga tersebut dipicu terbatasnya pasokan bawang putih. 

"Iya, bawang putih lagi mahal sekarang ini. Kita jual Rp25 ribu perkg, biasanya masih Rp22 ribu perkg. Kalau rawit memang masih mahal, ngak tahu penyebabnya. Karena harganya mahal juga sudah lama," bebernya.



(ALB)