Gendang dan Pencak Silat Sambut Bobby-Kahiyang di Medan

Farida Noris    •    Minggu, 19 Nov 2017 18:04 WIB
jokowi mantu
Gendang dan Pencak Silat Sambut Bobby-Kahiyang di Medan
Gendang bersiap-siap menyambut pasangan Bobby-Kahiyang di Medan

Medan: Keluarga besar Muhammad Bobby Afif Nasution sudah menyiapkan acara penyambutan untuk Kahiyang Ayu di Bukit Hijau Regency (BHR), Minggu 19 November 2017. Salah satu acara yang akan dilakukan adalah Haroan Boru yang dalam adat Mandailing berarti menerima kedatangan pengantin.

Musik tradisional, Gondang 2 pun bersiap-siap untuk menyambut pasangan pengantin baru ini. Mereka mengenakan seragam garis-garis merah hitam dan sudah beraksi sejak pukul 15.45 WIB di dekat pintu masuk rumah keluarga Bobby. 

Pemilik Kesenian Mandailing Gondang 2, Bakti Lubis, bergelar Sutan Kumala Porang menyebutkan Haroan Boru harus dibuat dengan adat tradisional. Gondang atau gendang beserta perangkat lainnya adalah alat musik penting dalam sebuah acara perkawinan yang digunakan dalam acara itu.

"Selain gendang ada juga pencak silat. Kami akan mengantarkan pengantin sampai ke depan pintu rumah untuk prosesi selanjutnya, " jelasnya. 

Sementara itu, di depan pintu Kahiyang akan menginjak beberapa tumbuhan termasuk batang pisang. Kemudian, di dalam rumah, Kahiyang akan disambut dengan makanan trasdisional Mandailing bernama Itak. Makanan ini terbuat dari tepung beras dan dicetak dengan kepalan tangan. 

"Ini rangkaian Upah-upah Patujolo (permulaan). Itak ini disajikan dengan beras di tengah dan disiram santan. Maknanya, supaya memberikan kesejukan dan keeratan di rumah tangga kedua mempelai," jelas Nani Nurdin Lubis, selaku Anak Boru.

Keluarga Bobby menyiapkan makanan ini secara simbolik dua piring untuk Kahiyang dan Bobby. Namun keseluruhannya, disiapkan 300 porsi. Setelah pemberian Itak, barulah dilanjutkan dengan upah-upah yang dilengkapi dengan ayam dan telur.



(ALB)