Keluarga Bobby Siapkan Upacara Pemberian Marga Kahiyang

Farida Noris    •    Selasa, 21 Nov 2017 10:19 WIB
jokowi mantu
Keluarga Bobby Siapkan Upacara Pemberian Marga Kahiyang
Paman Muhammad Bobby Afif Nasution, Doli Sinomba Siregar, (kemeja putih berjas) saat tiba di lokasi pesta. Fotvnvo: Metrotvnews.com / Farida Noris

Medan: Pihak keluarga Bobby melakukan persiapan mangalehan marga atau pemberian marga kepada Kahiyang Ayu, di rumah paman Muhammad Bobby Afif Nasution, Doli Sinomba Siregar Jalan Suka Tangkas no 17, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, Selasa, 21 November 2017.

Para tetua adat dari marga Siregar, Nasution, Hasibuan, Lubis, serta petua-petua lainnya sudah mulai terlihat di lokasi pemberian marga Kahiyang Ayu. Terlihat juga Gubenur Sumut, HT Erry Nuradi, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin serta pejabat pemerintah baik dari Kota Medan hingga Sumatera Utara.

"Rangkaian acaranya adalah Kahiyang Ayu beserta rombongan datang kemari untuk menyampaikan hasratnya. Mereka ingin mendapatkan marga Siregar agar nanti pada acara tanggal 24-26 tidak ada lagi ganjaran untuk acara tersebut," kata Paman Muhammad Bobby Afif Nasution, Doli Sinomba Siregar.

Pada adat Mandailing apabila seorang mempelai wanita belum punya marga, maka salah satu acara penting ialah pemberian marga kepada mempelai wanita. Karena itulah putri semata wayang Presiden RI Jokowi ini akan diberi marga Siregar. Pemberian marga dilakukan pada Kahiyang karena Bobby mempersunting gadis di luar etnis Mandailing.

"Setiap pengantin laki-laki di marga kami itu biasanya mengambil Boru tulang dalam hal ini karena Kahiyang tidak Mandailing tentu kita angkat dan bergabung dalam marga kita khususnya Siregar dan nantinya sebagai anak kita di sini," ungkap Doli.


(SUR)