Intensitas Hujan Meninggi, BPBD Sumut Siaga di Titik Rawan

Farida Noris    •    Kamis, 30 Nov 2017 17:27 WIB
tanah longsor
Intensitas Hujan Meninggi, BPBD Sumut Siaga di Titik Rawan
Ilustrasi cuaca buruk. Foto: Antara/M Adimaja

Medan: Cuaca ekstrem melanda sebagian besar wilayah Sumatera Utara beberapa hari terakhir. Ditambah lagi, cuaca di kawasan Pulau Sumatera terdampak Siklon Tropis Dahlia yang terbentuk di barat daya Bengkulu.

Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut meningkatkan kesiagaan. Khususnya di wilayah rawan bencana.

"BPBD lebih meningkatkan kesiagaan di setiap daerah yang berpotensi mengalami bencana,” kata Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, Kamis, 30 November 2017.

Beberapa wilayah yang menjadi perhatian khusus yakni kawasan dataran tinggi seperti Dairi, Karo, Simalungun, dan Langkat yang rawan longsor. Tak hanya itu, wilayah Deli Serdang, Asahan, Labuhanbatu, dan Langkat juga mendapat atensi karena rawan banjir.

"Tidak tertutup kemungkinan intensitas hujan akan meningkat, sehingga kawasan rawan banjir dan longsor pun menjadi atensi khusus BPBD Sumut," pungkasnya.

BPBD Sumut mengimbau warga untuk terus waspada menghadapi cuaca ekstrem.

"Hati-hati melintas di daerah rawan longsor. Warga yang tinggal di dekat sungai harus mewaspadai banjir kiriman,” imbau Riadil.

Beberapa hari belakangan, hujan ringan hingga tinggi disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Sumatera Utara. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memperkirakan kondisi ini akan terus terjadi hingga awal Desember.


(SUR)