Pejabat Kantor Syahbandar di Batam Kena OTT

Anwar Sadat Guna    •    Jumat, 13 Apr 2018 22:37 WIB
pungli
Pejabat Kantor Syahbandar di Batam Kena OTT
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Batam: Tim Saber Pungli gabungan Kepolisian Daerah (Polda) Kepri dan Polresta Barelang melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pejabat Kantor Pelabuhan Laut Pos Terminal CPO, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kabil, Kota Batam, Jumat, 13 April 2018. Pejabat berinisial TR itu ditangkap sekitar pukul 17.00 WIB.

Tim Saber Pungli yang dipimpin AKBP Ponco Indro melakukan penangkapan setelah mendapatkan informasi dari masyarakat terkait dugaan pungli yang dilakukan pejabat KSOP Kabil, Kota Batam.

Tim berjumlah empat orang tersebut melakukan operasi tangkap tangan terhadap TR di kantornya di kawasan Kabil, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, sekitar pukul 17.00 WIB. Informasi yang dihimpun, TR kerap meminta sejumlah uang untuk memuluskan aktivitas kapal di kawasan Kabil.

Dalam operasi tangkap tangan tersebut, tim Saber Pungli Polda Kepri menyita uang hingga puluhan juta rupiah. "Nanti akan kami sampaikan secara resmi ke media. Masih dalam pengembangan. Saya sedang ada acara bersama Kapolda (Kepri)," ujar Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki saat dihubungi Medcom.id.

Dalam operasi penangkapan tersebut, tim gabungan Saber Pungli Polda dan Polresta Barelang mengamankan lima orang agen dan Sekretaris KSOP untuk dimintai keterangan terkait dugaan pungli oleh oknum pejabat KSOP Kabil.

Saat ini, TR bersama sejumlah saksi lainnya diamankan ke Markas Polda Kepri untuk menjalani pemeriksaan. "Nanti, nanti kami sampaikan. Sabar ya," tambah Hengki.


(SUR)