Ribuan Pemudik Terus Padati Pelabuhan Antarpulau di Batam

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 12 Jun 2018 17:32 WIB
Mudik Lebaran 2018
Ribuan Pemudik Terus Padati Pelabuhan Antarpulau di Batam
Ribuan pemudik antre di pintu keberangkatan di Pelabuhan Domestik Sekupang, Selasa, 12 Juni 2018.

Batam: Suasana arus mudik Lebaran di Batam juga terasa di Pelabuhan Domestik Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepri. Hingga H-4 Lebaran, puluhan ribu pemudik telah diberangkatkan ke berbagai daerah.

Pembina Pelabuhan Rakyat (Pelra) Kota Batam, Asmadi, mengatakan, suasana di pelabuhan Domestik Sekupang masih dipadati ribuan pemudik. Sejak H-7 hingga H-5 Lebaran, kata Asmadi, rata-rata penumpang yang berangkat sebanyak 7.000-8.000 orang.

"Pada H-4 Lebaran, sebanyak 5.000 lebih penumpang yang diberangkatkan ke berbagai daerah. Arus mudik Lebaran kami perkirakan masih berlangsung dua hari sebelum Lebaran," ujar Asmadi kepada Medcom.id, Selasa, 12 Juni 2018.

Dia mengatakan, setiap harinya ribuan pemudik sudah memadati kawasan pelabuhan antarpulau ini sejak pukul 05.00 WIB. Kapal feri pertama berangkat pukul 06.00 WIB dan  jadwal keberangkatan terakhir adalah pukul 17.00 WIB.

Ribuan penumpang tersebut, kata Asmadi, mudik ke berbagai daerah, di antaranya Tanjungbalai Karimun (Kepri), Selat Panjang (Riau), Dumai (Riau), Buton (Riau), Tembilahan (Riau), Kualae Enok (Riau), Kuala Tungkal (Jambi), dan beberapa pulau lainnya di Provinsi Kepri.

"Sampai saat ini pemudik terbanyak masih didominasi tujuan Buton dan Dumai di Provinsi Riau. Dari Riau, banyak pemudik akan melanjutkan perjalanan darat ke Sumbar atau Sumut," ujarnya. 

Sebanyak 40 armada kapal feri, baik dari Pelra maupun Pelayaran Nasional (Pelnas), digunakan untuk mengangkut ribuan penumpang setiap harinya. 40 armada tersebut berasal dari 10 operator kapal penumpang yang beroperasi di Pelabuhan Domestik Sekupang.

"Masing-masing operator kapal juga menyiagakan satu kapal cadangan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada kapal yang mangalami gangguan saat berlayar," ujar Asmadi.

Hingga sore sekitar pukul 16.00 WIB, masih banyak penumpang antre di pelabuhan. Tujuan mereka, tambah Asmadi, umumnya ke wilayah kepulauan di Kabupaten Karimun.

"Untuk arus mudik tahun ini, ada peningkatan jumlah penumpang hingga 200 persen dari hari biasanya," pungkas Asmadi.

Sementara itu, hingga H-4 Lebaran, jumlah pemudik yang berangkat dari Bandara Hang Nadim Batam terus bertambah.

"Pada H-4 Lebaran, jumlah pemudik yang berangkat mencapai 10.105 orang. Total jumlah pemudik yang sudah diberangkatkan sejak H-8 hingga H-4 Lebaran sebanyak 50 ribu penumpang," ujar Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso kepada Medcom.id, Selasa, 12 Juni 2018.


(ALB)