Aksi Massa di Batam Tertib

Anwar Sadat Guna    •    Sabtu, 05 Nov 2016 09:58 WIB
unjuk rasa
Aksi Massa di Batam Tertib
Ribuan umat Islam di Batam saat bertemu dengan Kapolda Kepri di Masjid Mapolda Kepri di Nongsa, Jumat (4/11/2016). Foto: Metrotvnews.com/Anwar Sadat Guna

Metrotvnews.com, Batam: Ribuan umat Islam yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam Bersatu, Kota Batam, ikut berunjuk rasa memprotes dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Unjuk rasa yang berasal dari 30 ormas Islam di Batam itu mulai berlansung usai salat Jumat di Masjid Raya Batam, sekira pukul 13.00 WIB, Jumat 4 November 2016.

Secara bergantian, pimpinan ormas Islam dan ulama menyampaikan orasinya di hadapan massa yang berkumpul. "Hari ini (kemarin) kita bergerak untuk menegakkan agama Allah. Masifnya gerakan hari ini tak lepas dari pernyataan Ahok yang telah melakukan penistaan terhadap agama Islam," kata perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Batam, K.H. Usman. 

Seluruh umat Islam di Batam, kata Usman, berharap agar aparat penegak hukum bersikap adil dan tidak diskriminatif dalam proses penegakan hukum di Indonesia. 

"Kami mendesak polisi transparan dalam kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok," ujarnya. Sebelum Usman berorasi, ulama Kota Batam K.H. Didik Suryadi juga menyampaikan orasi. 

Ia berpesan agar aksi unjuk rasa yang digelar hari ini berjalan tertib dan umat Islam di Batam bersatu menegakkan agama Allah. "Kita berharap agar kasus ini dapat dituntaskan seadil-adilnya dan tak ada intervensi dari pihak mana pun," ujarnya. 

Setelah berorasi, massa pengunjuk rasa berkonvoi menggunakan kendaraan ke Polda Kepri di Nongsa. Selain menggunakan sepeda motor, massa juga menumpang empat bus menuju Polda. 

"Aksi ini harus tetap berjalan tertib. Kita menuju Polda untuk menyampaikan aspirasi kita agar kepolisian bersikap adil dan transparan dalam mengusut kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok," kata koordinator lapangan, Mustafa dari KAMMI Batam.

Ia menyebutkan massa yang turun ke jalan hari ini berasal dari 30 ormas Islam di Batam, termasuk organisasi kemahasiswaan. Di antaranya, MUI, IBNU, Muhammadiyah, FPI, FUI, KAMMI, HMI dan ormas lainnya. "Jumlah massa yang turun hari ini sekira ribuan orang," ujarnya. 

Di Markas Polda Kepri, massa berkumpul di masjid komplek Mapolda. Massa diterima langsung oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian. Di hadapan ribuan umat Islam yang hadir, Kapolda janji akan menyampaikan aspirasi pengunjuk rasa kepada Kapolri. 

"Kami akan meneruskan tuntutan saudara-saudara ke pimpinan. Harapan kami agar unjuk rasa yang berlangsung hari ini berjalan tertib dan damai," kata Sam.


(UWA)