Polres di Sumut Luncurkan Aplikasi Android Permudah Laporan Warga

Budi Warsito    •    Senin, 31 Oct 2016 06:47 WIB
polisi
Polres di Sumut Luncurkan Aplikasi Android Permudah Laporan Warga
Ilustrasi polisi. Antara

Metrotvnews.con, Kisaran: Polres Asahan, Sumatera Utara, menciptakan aplikasi berbasis android guna memberikan pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi ini sengaja dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan laporan tanpa harus datang ke kantor olisi.

Peluncuran aplikasi ini dilakukan langsung oleh Kapolda Sumut Irjen Rycko Amelza Dahniel, Minggu (30/10/2016) di Polres Asahan. Aplikasi yang diciptakan Polres Asahan ini pun mendapat pujian dari Kapolda.

"Saya sangat mendukung aplikasi ini sehingga masyarakat dimudahkan dalam pelayanan. Saya sangat berterima kasih kepada Kapolres Asahan atas inovasi yang telah dibuat," ucap Irjen Rycko.

Menurut dia, pembuatan aplikasi ini merupakan hal yang positif. Dia berharap, polres lain bisa melakukan hal serupa. 

Kapolres Asahan AKBP Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan masyarakat. Tugas Polri, khususnya personel Polres Asahan, dalam melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat juga menjadi lebih ringan.

Masyarakat dapat memberikan informasi yang terjadi di sekitar lingkungannya melalui aplikasi ini. Caranya cukup mudah. 

Pertama, masyarakat mengunduh aplikasi ini lalu memilih ikon lapor. Lalu, pengguna harus login dengan menulis nama di user name dan memasukkan nomor kontak. Baru kemudian pengguna menyampaikan laporan.


Tampilan aplikasi Polres Asahan. MTVN/Budi Warsito

"Informasi yang disampaikan masyarakat akan langsung diterima oleh 700 personel yang sudah didaftarkan di aplikasi tersebut. Jadi anggota bisa bergerak cepat menanggapi laporan tersebut," jelas AKBP Tatan.

Di dalam aplikasi tersebut, papar mantan Kasatreskrim Jakarta Pusat ini, perkembangan kasus setiap harinya akan diperbarui berdasar data dari penyidik. "Masyarakat cukup mengklik ikon perkembangan penyidikan," beber Tatan.

Sementara itu, Kasatreskrim AKP Bayu Putra Samara menambahkan, untuk sementara aplikasi ini hanya bisa digunakan di telepon genggam berbasis android. Aplikasi belummenjangkau ponsel berbasis iOS seperti iPhone, iPad dan produk merek Apple lainnya.

Melalui aplikasi ini, pengguna juga bisa tersambung ke website polresasahan.com. Dari sana publik bisa melihat agenda dan kegiatan di Polres Asahan. 

"Kita ingin polisi dan masyarakat menyatu tanpa ada batasan sehingga cita-cita pendiri Polri sebagai pelayan masyarakat dapat terwujud," jelas Bayu.

Ia berharap, masyarakat Asahan dapat mengunduh aplikasi tersebut. Dengan demikian, mereka dapat melaporkan berbagai hal, mulai, dari pungutan liar, kecelakaan lalu lintas, premanisme, hingga perjudian.

"Ke depannya, aplikasi akan dikembangkan dengan pendaftaran SIM secara online hingga SKCK. Jadi warga tinggal daftar di aplikasi dan setelah itu datang ke kantor untuk foto," pungkas mantan Kanit Pidum Polresta Medan yang sekarang berubah menjadi Polrestabes Medan.


(OGI)